Foto: Salah satu proyek pembangunan SPAM perdesaan melalui program Pamsimas di Provinsi Kalimantan Utara.

Bulungan Berharap Tahun 2019 Kembali Peroleh Program Pamsimas

Tanjung Selor - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan, Kalimantan Utara, terus berupaya memberikan pelayanan terbaik di bidang air minum kepada masyarakat melalui kerja sama dengan Kementerian PUPR dalam program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Menurut Kepala Bappeda-Litbang Bulungan, Drs. Isnaini,  sejak tahun 2017, ada 10 desa telah mendapatkan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Bulungan. Untuk tahun 2018, kabupaten itu juga kembali ditaget mendapatkan SPAM program Pamsimas.

“Kami berupaya agar tahun 2019 nanti 10 desa kembali tersentuh air bersih. Seluruh masyarakat Bulungan harus dapat merasakan SPAM ini,” kata Isnaini awal November 2018 lalu.

Ia menjelaskan, program Pamsimas merupakan bagian program nasional sebagai upaya percepatan pelayanan melalui bidang air bersih kepada masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan akses dan memperbaiki pelayanan serta fasilitas air minum dan sanitasi

“Bahkan meningkatkan nilai perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS bagi warga miskin di perdesaan dan pinggiran kota,” katanya.

Program Pamsimas, menurut Isnaini, diharapkan dapat mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015–2019, dengan cakupan layanan air minum 2019 diharapkan mampu mencapai target 100 persen.

Ia mengatakan sangat bersyurkur dengan adanya program Pamsimas dalam upaya percepatan cakupan layanan air bersih di desa-desa, sehingga warga yang belum mendapatkan layanan PDAM dapat terakses dengan jaringan air bersih. (pspam/yss)

Print Berita