Foto: Bupati Situbondo Dadang Wigiarto ketika membuka acara Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Program Pamsimas III 2019 yang antara lain dihadiri pengelola Program Pamsimas dan para kepala desa. Tahun 2019, Situbondo memperoleh program Pamsimas untuk 20 desa.

20 Desa di Situbondo Peroleh Program Pamsimas dari Kementerian PUPR

Situbondo –  Kabupaten Situbondo pada tahun 2019 memperoleh program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dari 20 desa tersebut, 16 desa didanai sepenuhnya oleh APBN, sedangkan empat desa lainnya dibiayai dana APBD kabupaten.

Menurut Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, pada acara Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Program Pamsimas III 2019, di Situbondo, Kamis (1/8/2019), kucuran dana APBN melalui Kementerian PUPR untuk program Pamsimas TA 2019 itu jumlahnya mencapai Rp 3,9 miliar, sedangkan pihaknya melalui APBD mengucurkan dana sebesar Rp 980 juta.

Bupati Situbondo bersyukur 20 desa di daerahnya memperoleh program Pamsimas yang merupakan Program Pemerintah Pusat tersebut, apalagi saat ini sedang musim kemarau arena masih banyak desa di daerahnya yang mengalami krisis air bersih, apalagi di musim kemarau seperti saat ini.

Menurut Dadang Wigiarto, Kabupaten Situbondo selalu mengalami krisis air bersih dan dilanda kekeringan saat musim kemarau, karena itu bersama program Pamsimas, pihaknya akan berusaha sekuat tenaga untuk menyediakan air bersih kepada masyarakat desa.

Hadir pada acara  Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Program Pamsimas III 2019 itu antara lain 20 kepala desa yang desanya menerima program Pamsimas.

“Kepada para kepala desa, saya minta untuk melaksanakan program dengan sebaik-baiknya dan tidak menyalahi aturan yang ditetapkan. Jangan sekali-kali mencari untung dari program kegiatan Pamsimas ini, karena program ini untuk kepentingan masyarakat desa,” katanya.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh jajaran terkait untuk saling bekerja sama dengan masyarakat, pemerintah desa dan pengelola Program Pamsimas. (pspam/yss)

Print Berita