Foto: Beberapa pekerja sedang melakukan penggalian untuk pemasangan perluasan jaringan perpipaan air bersih SPAM IPA Kaubun melalui dana APBN TA 2019. SPAM IPA Kaubun selama ini mengairi dua desa di Kecamatan Kaubun, Kutai Timur, dan melayani lebih dari 400 KK.

Ditjen Cipta Karya Kucurkan Rp 3,2 Miliar Bangun Jaringan SPAM IPA Kaubun

Sangatta, Kutai Timur (Kutim) – Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, mengucurkan dana melalui APBN 2019 sebesar Rp3,2 miliar untuk pembangunan jaringan perpipaan air bersih untuk meningkatkan kapasitas Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Kaubun dari 5 liter/detik menjadi 10 liter/detik.

Hal itu dikemukakan Pjs Direktur Utama PDAM Kutim, Suparjan, di Sangatta, Kamis (25/7/2019), dan menjelaskan bahwa proses pembangunan jaringan dan pemasangan perpipaan untuk IPA Kaubun itu sudah berjalan dan sedang dikerjakan.

“Jenis pipa yang dipasang model HDPE berdiameter 160 mm dengan panjang mencapai tiga kilometer. Target pembangunan dan pemasangan jaringan perpipaan ini diharapkan selesai September 2019, sehingga dapat melayani tambahan masyarakat di dua desa, yaitu Desa Bumi Etam dan Desa Bumi Jaya,” katanya.

Menurut dia, selama ini sebanyak 400 KK di dua desa tersebut telah menikmati layanan air bersih melalui SPAM IPA Kaubun. Ia mengakui, dukungan Pemerintah Pusat sangat besar, didukung kebijakan Pemkab Kutai Timur untuk terus meningkatkan pemenuhuna air bersih terhadap seluruh masyarakat perdesaan.

Camat Kaubub M. Amin melaporkan, sejauh ini pekerjaan proyek pembangunan jaringan perpipaan air bersih untuk SPAM IPA Kaubun telah berjalan dengan baik dan tanpa ada hambatan. “Penggalian tanah dan pemasangan pipa sudah dimulai,” katanya.

Ia bersyukur dua desa di Kaubun sudah menikmati air bersih dan kini jangkauan pipanya bahkan telah diperluas. (pspam/yss)

Print Berita