Foto: Direktur Pengembangan SPAM Agus Ahyar dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah serta jajarannya berfoto bersama seusai pertemuan yang membahas rencana memperbaharui Kerja Sama Pembangunan SPAM Regional Sumut yang meliputi Kota Medan, Kabupaten Binjai dan Deliserdang.

Direktur PSPAM Sambut Baik Rencana Perbaharui Kerja Sama SPAM Regional Sumut

Medan - Direktur Pengembangan Sistem Peyediaan Air Minum (SPAM) Ir. Agus Ahyar, M.Sc menyambut baik keinginan dan kesiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memperbaharui kerja sama antara Kementerian PUPR dan Pemprov Sumut dalam Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Sumatera Utara yang meliputi Kota Medan, Kabupaten Binjai dan Deliserdang, yang sudah delapan tahun tidak terlaksana.

Hal itu dikemukakan Agus Ahyar ketika melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah dan jajarannya di Kantor Gubernur Sumut di Kota Medan, Selasa (16/7/2019).

Menurut Direktur Pengembangan SPAM, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, ada tiga hal penting yang dapat dimanfaatkan oleh Pemprov Sumut apabila kerja sama pembangunan SPAM Regional Sumut itu diperbaharui. Pertama, percepatan pembangunan SPAM Regional Sumut yang meliputi Medan, Binjai dan Deliserdang. Kedua, program untuk mempercepat penyediaan air bersih untuk Kota Medan bagian utara.

Yang ketiga, kata Agus Ahyar, Pemerintah Pusat akan memberikan program Hibah Air Minum untuk PDAM Tirtonadi Medan, khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Program ini dilaksanakan dengan mengoptimalkan SPAM yang sudah terpasang.

"Dengan semangat Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur serta seluruh jajarannya, kerja sama program pembangunan SPAM Regional Sumut dan program penyediaan air bersih bagi seluruh masyarakat yang sudah lama belum terlaksana, dapat segera direalisasikan. Apalagi masih banyak warga Sumut yang belum terlayani air bersih," kata Agus Ahyar.

Sementara itu Wagub Sumut, Musa Rajekshah menyatakan kesiapannya untuk segera menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, salah satunya adalah memperbaharui kerja sama yang sudah ada antara Kementerian PUPR dan Pemprov Sumut dalam pembangunan SPAM Regional Sumut yang meliputi Kota Medan, Kabupaten Binjai dan Deliserdang.

"Saya sangat mendukung solusi untuk mengatasi persoalan air bersih di Sumut. Saya bersepakat dengan Pak Menteri PUPR, kerja sama yang sudah kedaluarsa harus diperbaharui, tujuannya adalah untuk kepentingan masyarakat. Kasihan warga kami yang masih banyak belum mendapatkan air bersih," kata Musa Rajekshah.

Namun demikian, Wagub Sumut juga mengingatkan agar segala sesuatunya harus dilakukan dengan mengikuti aturan dan perunda-undangan yang berlaku. Ia juga menyatakan kesiapannya untuk secepatnya mengundang pihak Pemerintah Kota Medan, Pemkab Binjai dan Deliserdang.

"Ini program penting untuk rakyat, harus segera dilakukan pembicaraan dengan semua pihak yang terkait. Kalu perlu minggu ini pembicaraan sudah selesai," katanya, dan menambahkan, jika memang diperlukan untuk mencari sumber air baru, maka ia pun siap memberikan dukungan.

Sementara itu Dirut PDAM Tirtanadi, Trisno Sumantri, menjelaskan bahwa kunjungan pejabat dari Kementerian PUPR ke Medan dimaksudkan untuk menanyatakan tindak lanjut dari kerja sama pembangunan SPAM Regional Sumut yang sudah lama tidak berjalan.

"Kerja sama pembangunan SPAM Rrgional Sumut adalah program lama, untuk mengatasi kelangkaan air bersih di Kota Medan, Binjai dan Deliserdang. Kami akan segera membicarakan hal ini dengan tim dari Pemko Medan, Pemkab Binjai dan Deliserdang," katanya. (pspam/yss)

Print Berita