Foto: Suasana acara Pelatihan Asosiasi Pengelola SPAM Perdesaan Program Pamsimas III Provinsi Babel, di Pangkalpinang, Selasa (02/07/2019).

Program Pamsimas Harus Berikan Manfaat Besar Bagi Masyarakat

Pangkalpinang – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) harus bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat serta dampak positif yang besar bagi masyarakat.

Hal itu dikemukakan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kepulauan Bangka Belitung, Miarka Risdawati, ketika membuka resmi acara Pelatihan Asosiasi Pengelola SPAM Perdesaan Program Pamsimas III Provinsi Babel, di Pangkalpinang, Selasa (02/07/2019).

Melalui program Pamsimas, pengelolaan air minum dan sanitasi bisa semakin baik dan dengan mudah diakses dan dinikmati masyarakat banyak.

Miarka menambahkan agar Pelatihan Asosiasi Pengelola SPAM Perdesaan Program Pamsimas juga dapat mempercepat pencapaian target 100 persen akses aman air minum dan sanitasi layak bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Salah satu tujuan penting kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada peserta agar memahami peran, fungsi, dan tugas asosiasi pengelola SPAM Perdesaan, khususnya dalam hal pendampingan peningkatan kinerja anggota, membangun kerja sama dan kemitraan, serta pendampingan dalam penataan organisasi,” katanya.

Ia juga mengharapkan para peserta pelatihan dapat memperoleh bekal dan motivasi untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakat yang memadukan aspek penyadaran, peningkatan kapasitas, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Kegiatan pelatihan yang antara ain dihadiri dihadiri Ketua PPMU Pamsimas Provinsi Babel tersebut berlangsung selama empat hari, diikuti perwakilan enam kabupaten di Provinsi Babel, yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur. (pspam/yss)

Print Berita