Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sedang melakukan uji fungsi kran air minum saat acara serah terima dan peresmian program Pamsimas Desa Toradda di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.
Foto: Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sedang melakukan uji fungsi kran air minum saat acara serah terima dan peresmian program Pamsimas Desa Toradda di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.
Warga Desa Toradda Mulai Nikmati Air Minum Pamsimas

Luwu Utara - Warga Desa Toradda di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, saat ini tengah bersyukur karena program pembangunan sarana dan prasarana air bersih Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Tahun Anggaran 2021 untuk desa tersebut telah rampung dan kini air bersih layak konsumsi mengalir langsung ke rumah-rumah warga melalui sambungan rumah (SR).

Uji fungsi, serah terima dan peresmian program Pamsimas di Desa Toradda itu dilaksanakan Rabu (27/10/2021), dihadiri Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dihadiri oleh para pimpinan organisasi perangkat daerah terkait, Camat Masamba Adjie Saputra, Kepala Desa Toradda, Muhammad Halim, para pengelola program Pamsimas dan masyarakat setempat.

Menurut Bupati Indah Putri , selaku pimpinan daerah, untuk kesekiankalinya ia meresmikan program penyediaan air bersih dan sanitasi di daerahnya, dan semuanya itu demi untuk memberikan pelayanan air bersih bagi seluruh warga. Air begitu penting dan sangat dibutuhkan warga, karena itu ia bersyukur warga Desa Toradda sudah menikmati air bersih layak konsumsi.

"Alhamdulillah, 100 persen warga di desa ini sudah bisa menikmati air bersih," katanya.

Bupati Luwu Utara dua periode ini berharap program Pamsimas terus dijaga dan dipelihara dengan baik oleh pemerintah desa dan warga desa, sehingga target pemenuhan di tiga sektor, yaitu 100 persen akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh nol persen, dan pemenuhan 100 persen akses sanitasi layak dapat diwujudkan.

Ia juga mengharapkan agar Desa Toradda dapat menjadi contoh sukses dalam pemenuhan target 100-0-100, yang merupakan salah satu target yang dicanangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Target 100-0-100 itu bisa kita wujudkan, dan kita mulai dari Desa Toradda. Kalau kita semua kompak pasti bisa, apalagi yang akan menikmatinya nanti adalah masyarakat sendiri,"katanya. (dit.am/yss)


Print Berita