Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman ketika melakukan peresmian dan uji fungsi program Pamsimas di lima kepenghuluan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kabupaten Rokan Hilir, media Aguatus 2021.
Foto: Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman ketika melakukan peresmian dan uji fungsi program Pamsimas di lima kepenghuluan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kabupaten Rokan Hilir, media Aguatus 2021.
Pamsimas Kepenghuluan Harapan Makmur di Kabupaten Rohil Diresmikan

Rokan Hilir - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) TA 2021 di lima kepenghuluan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kabupaten Rokan Hilir, diresmikan pada medio Agustus 2021, dan warga di lima kepenghuluan itu mulai menikmati air bersih layak konsumsi. Peresmian dilakukan oleh Wakil Bupati Rokan Hilir, H. Sulaiman.

"Masyarakat diharapkan dapat menjaga dan mengelola sarana air minum Pamsimas itu dengan sebaik-baiknya, sehingga untuk jangka waktu lama dapat terus memperoleh pelayanan air bersih yang sehat dan layak minum," katanya.

Kegiatan peresmian dilaksanakan di Paket F Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kamis (12/08/2021). Adapun program Pamsimas yang diresmikan tersebut masing-masing berlokasi di Kepenghuluan Harapan Makmur, Harapan Makmur Selatan, Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Barat, dan di Kepenghuluan Salak.

Seetelah peresmian, Wakil Bupati H. Sulaiman melakukan uji fungsi untuk mencoba kran air di rumah warga. Ketika kran dibuka dan air bersih mengalir dengan deras, warga yang hadir bertepuk tangan tanda gembira. Hadir di acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPRD Rohil Hamzah, Camat Bagan Sinembah Raya, HM Yusuf, beberapa kepala dinas terkait, perwakilan Pamsimas, dan masyarakat.

Wakil Bupati Rokan Hilir, H. Sulaiman menambahkan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir telah brkomitmen dan berusaha untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang layak untuk semua lapisan masyarakat, Hal itu dilaksanakan melalui kolaborasi berbagai mode pembiayaan, baik melalui dana APBN, Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD Rokan Hilir, APBDes, dan iuran masyarakat.

"Air bersih, air minum dan sarana sanitasi merupakan kebutuhan vital masyarakat, sehingga pemerintah harus berusaha untuk menyediakannya. Peresmian sarana air bersih Pamsimas saat ini menjadi anugerah dan bukti nyata keseriusan pemerintah dalam menyediakan kebutuhan dasar masyarakat," kata wakil bupati.

Ia juga meminta pemerintah desa dan masyarakat menjaga, memelihara dan mengembangkan sarana air bersih Pamsimas dengan sebaik-baiknya sehingga dapat dimanfaatkan semaksimasl mungkin dan menjadi percontohan bagi daerah lain. Apabila pengelolaannya baik, maka ia yakin Pemerintah Pusat akan menganggarkan kembali program pemangunan sarana air bersih dan sanitasi tersebut.

Camat HM Yusuf menjelaskan, kehadiran program Pamsimas dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga desa sehari-hari dengan mudah dan murah. Menurutnya, karena wilayahnya berbukit-bukit, apabila ada yang ingin melakukan pengeboran sumur bor, biayanya sangat mahal, mencapai Rp 12 juta, namun dengan adanya program Pamsimas, masyarakat bisa memperoleh dengan murah.

"Kami seluruh warga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah memberikan bantuan program Pamsimas, semoga bisa berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lama," katanya. (dit.am/yss)

Print Berita