Bupati Sinjai , Andi Seto mencoba kran air minum program Pamsimas yang baru saja diresmikan. Sebanyak 350 KK di Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, sudah mulai dapat menikmati air bersih layak knsumsi dan sehat.
Foto: Bupati Sinjai , Andi Seto mencoba kran air minum program Pamsimas yang baru saja diresmikan. Sebanyak 350 KK di Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, sudah mulai dapat menikmati air bersih layak knsumsi dan sehat.
Pamsimas Merupakan Upaya Pemerintah Hadirkan Air Bersih Sehat Bagi Penduduk Desa

Sinjai - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan air bersih yang sehat dan layak konsumsi sehingga dapat meningkatkan derajat hidup dan kesehatan masyarakat di desa.

Hal itu dikemukakan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa ketika meresmikan program Pamsimas di Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Kamis (12/8/2021). Menurut bupati, dengan selesainya program pembangunan sarana air bersih perdesaan melalui Kementerian PUPR itu, sebanyak 530 Kepala Keluarga (KK) di desa tersebut sudah bisa menikmati air bersih yang sehat dan layak konsumsi.

Bupati Andi Seto menjelaskan, program Pamsimas didanai bersama oleh Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, dan pemerintah desa dan tersebar di tiga dusun di Desa Gunung Perak tersebut.

"Program Pamsimas memiliki manfaat yang sangat besar dan diharapkan tidak ada lagi warga desa yang tidak mendapatkan akses air minum yang berkualitas, sekaligus mengurangi penyakit yang disebabkan oleh air yang kurang sehat," katanya.

Menurutnya, apabila air bersih sudah bisa dinikmati oleh masyarakat desa, maka ia meyakini kualitas kehidupan masyarakat desa akan semain meningkat, termasuk meningkatnya kualitas kesehatan penduduk desa. Bupati juga mengingatkan pengurus desa dan masyarakat desa dapat memelihara an men gelola sarana air minum dan sanitasi perdesaan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Kordinator Pamsimas Kabupaten Sinjai, Islamiah, menuturkan, program Pamsimas yang berjalan di Kabupaten Sinjai kini memasuki tahap kelima dan menyasar 62 desa dari 67 desa di Kabupaten Sinjai. "Kalau di Sinjai Barat hampir semua desa sudah tersentuh semua," katanya. (dit.am/yss)

Print Berita