Salah satu sambungan rumah air bersih PDAM yang dilengkapi dengan kran bantuan Kementerian PUPR untuk 2500 warga kurang mampu (masyarakat berpenghasilan rendah) Kota Pontianak. Sambungan air bersih tersebut sudah dibagikan sejak awal Juni 2021.
Foto: Salah satu sambungan rumah air bersih PDAM yang dilengkapi dengan kran bantuan Kementerian PUPR untuk 2500 warga kurang mampu (masyarakat berpenghasilan rendah) Kota Pontianak. Sambungan air bersih tersebut sudah dibagikan sejak awal Juni 2021.
Kementerian PUPR Bantu Sambungan Air Bersih Untuk 2500 Warga Kurang Mampu Pontianak

Pontianak - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan sambungan air bersih PDAM kepada 2500 orang warga kurang mampu Pontianak yang tergolong Masyarakat Berpengharsialn Rendah (MBR).

Hal itu dikemukakan Direktur Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak, Wawan Hari Purnomo, Sabtu (26/6/2021) lalu. Menurutnya, untuk tahun anggaran 2021, Kota Pontianak menerima bantuan sambungan air bersih PDAM untuk 2500 warga MBR dari Kementerian PUPR.

"Bantuan sambungan air bersih PDAM sudah mulai dibagikan sejak awal bulan ini, dan targetnya, Agustus 2021 semua 2500 sambungan air bersih sudah tuntas," katanya.

Ia menambahkan, sejak tanggal 7 sampai 25 Juni 2021 kemarin, sudah lebih dari 800 sambungan rumah sudah terpasang atau tersambung ke rumah-rumah warga MBR. Meskipun targetnya Desember 2021, namun ia berharap pada Agustus 2021 sudah tersambung semuanya.

"Kami ingin memberikan pelayanan secepatnya, sehingga sambungan air bersih bisa segera dinikmati warga MBR yang merupakan warga kurang mampu," katanya.

Wawan Hari mengatakan, pihaknya juga berkomitmen untuk menyukseskan visi dan misi pemerintah, satu di antaranya adalah menyejahterakan masyarakat. Dikemukakan, dengan memperoleh air bersih yang layak konsumsi dan mudah, maka masayarakat diyakini akan meningkat kesehatan dan kesejahteraannya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan mengatakan bahwa pemerintah telah menetapkan prioritas untuk memberikan bantuan sambungan air bersih PDAM kepada masyarakat yang kurang mampu atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Tahun ini sudah diancang-ancang pelayanan PDAM atau air bersih sehingga sambungan air bersih tahun ini bisa tercapai, meskipun masih ada warga yang juga belum tersambung air bersih PDAM, terutama di daerah perbatasan kota," katanya. (dit.am/yss)

Print Berita