Direktur Air Minum Direktorat jenderal Cipta Karya, Yudha Mediawan Memberikan Arahan Pada Acara Pembahasan Kerangka Acuan Kerja Kegiatan CPIU Pamsimas Tahun 2021
Foto: Direktur Air Minum Direktorat jenderal Cipta Karya, Yudha Mediawan Memberikan Arahan Pada Acara Pembahasan Kerangka Acuan Kerja Kegiatan CPIU Pamsimas Tahun 2021
Strategi Dit. Air Minum PUPR Penuhi Target Key Performance Indeks Program Pansimas

Jakarta- Salah satu upaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat pemenuhan target akses air minum aman 100 persen dengan sistem padat karya yaitu melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang telah dilaksanakan dari tahun 2008 sampai sekarang. Selama 13 (tiga belas) tahun berjalan, Program Pamsimas telah berhasil memberikan layanan air minum dan sanitasi layak yang menjangkau lebih dari 20 juta jiwa penduduk Indonesia yang tersebar di lebih 29.000 desa di 407 kabupaten/kota.

Berdasarkan data SIM Pamsimas per 31 Desember 2021 menunjukkan bahwa dari 16 Key Performance Index (KPI) yang telah ditetapkan, 13 KPI telah tercapai melampaui target, sedangkan 3 KPI masih harus diselesaikan sampai dengan akhir tahun 2021. Tiga KPI yang masih harus dikerjar pencapaiannya pada tahun 2021 adalah : Pertama, KPI 1 terkait jumlah tambahan orang yang mempunyai akses yang berkelanjutan terhadap fasilitas air minum yang layak. Dari target 22,1 juta orang yang harus mendapatkan akses berkelanjutan, sampai dengan akhir Januari 2021 sudah mencapai 20,8 juta jiwa yang mendapat layanan, sehingga masih terdapat selisih kekurangan sebesar 1.278.900.

Kedua, KPI 3 yaitu jumlah prosentase desa dengan sistem penyediaan air minum (SPAM) yang dikelola dan dibiayai secara efektif oleh pengelola SPAM. Dari target 90 persen desa, sampai dengan akhir Januari 2021 baru tercapai 85,70 persen, sehingga terdapat selisih kekurangan sebesar 4,30 persen. Dan Ketiga, KPI 15 adalah jumlah prosentase target sekolah yang mempunyai fasilitas sanitasi yang layak dan menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS). Dari target 95%, sampai akhir Januari 2021 baru mencapai 90,32%, sehingga masih terdapat selisih sebesar 4,78 persen.

Direktur Air Minum Direktorat Jenderal Cita Karya, Kementerian PUPR, Yudha Mediawan mendorong para pelaksana program untuk membuat Kerangka Ancuan Kerja yang memenuhi kriteria SMART yaitu Specific, Measurable, Achievable, Relevant atau Realistic, dan Time-Boun.

"Artinya rumusan tujuan kegiatan itu harus spesifik, dapat diukur keberhasilannya, menantang tetapi dapat dicapai, memungkinkan untuk dilakukan dan ada batas waktunya, kapan harus mulai dan kapan harus selesai," kata Yudha dalam acara Video Conference Pembahasan Kerangka Acuan Kerja Kegiatan CPIU Pamsimas Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (09/02/2021).

Kepala Subdirektorat Wilayah II, Direktorat Air Minum, Triyono Tulus optimis target KPI1 terkait jumlah tambahan orang yang mempunyai akses air minum dapat terpenuhi pada akhir tahun 2021. Hal tersebut dipenuhi dengan dua cara yaitu menyelesaian proses administrasi serah terima (BAST) Desa TA 2020 sebesar 1.3 juta jiwa dan adanya kegiatan pada Desa Baru Tahun 2021 dengan target penambahan pemanfaat air minum sebanyak 2,7 jiwa.

"Jika dua kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, harapannya pada akhir tahun 2021 akan ada 24, 9 juta jiwa penduduk yang akan akses layana air minum dari Program Pamsimas,"kata Tulus.

Selanjutnya untuk mendorong pencapaian target KPI 3 terkait jumlah prosentase desa SPAM yang dikelola dan dibiayai secara efektif oleh pengelola SPAM, Direktorat air Minum perlu melakukan 5 (lima) langkah berikut ini : Pertama, Meningkatkan efektivitas pendampingan Fasilitator kepada Kelompok Pengelola Sarana Pengelolaan Air Minum dan sanitasi (KPSPAMS) untuk memastikan adanya dokumen Rencana Kerja dan Rencana Kemitraan; Kedua, Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar iuran; Ketiga, Penerapan iuran yang memenuhi biaya operasional manajemen dan cost recovery; Keempat, Legalisasi iuran oleh Pemerintah Desa; dan Kelima, Mendorong peran asosiasi tingkat kabupaten untuk memberikan pendampingan peningkatan kinerja KPSPAMS.

Ikut hadir dalam acara ini Kepala Subdirektorat Perencanaan Teknis, Direktorat Air Minum; Ketua CPMU Pamsimas; Wakil Ketua 1 CPMU Pamsimas dan Koordinator Bidang Infrastruktur CPMU Pamsimas. (Pspam/elmy/novi)

Print Berita