Jajaran Pejabat Direktorat Air Minum beserta BPPW Bali Kementerian PUPR dan Pemda Klungkung Berkomitmen Wujudkan Pembangunan SPAM SWRO Nusa Lembongan.
Foto: Jajaran Pejabat Direktorat Air Minum beserta BPPW Bali Kementerian PUPR dan Pemda Klungkung Berkomitmen Wujudkan Pembangunan SPAM SWRO Nusa Lembongan.
Kementerian PUPR Bangun SPAM Pengolahan Air Laut di Nusa Lembongan

Sebagai bentuk kepedulian terhadap wisatawan untuk tetap mendapatkan pelayanan air minum selama menikmati liburan di Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Ceningan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Kabupaten Klungkung berkomitmen untuk melakukan Pembangunan SPAM Pengolahan air laut menjadi air minum dengan memanfaatkan Teknologi Sea Water Reverse Osmosis dengan kapasitas 5 L/det. Selain itu SPAM SWRO Nusa Lembongan juga dapat diamanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan target jumlah Sambungan Rumah sebesar 500 unit.

 

“Selain dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Klungkung, air hasil pengolahan air laut ini juga ditujukan untuk pengembangan pariwisata di di Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Ceningan,”kata Kasubdit Wilayah III, Ade Syaiful Rachman, S.T., M.T ketika membacakan sambutan dari Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dalam acara Penandatangan Nota Kesepakatan Penyelenggaraan SPAM SWRO Nusa Lembongan, Jumat (27/11/2020).

 

Di samping melakukan pembangunan fisik SPAM SWRO Nusa Lembongan pada tahun 2021, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali juga memberikan dukungan dalam hal penyusunan dokumen perencanaan Detail Engineering Design (DED).

 

Bupati Klungkung,  I Nyoman Suwirta berkomitmen untuk tetap memperhatikan pengelolaan dan pengoperasian SPAM yang sudah terbangun.

“Mengingat besarnya manfaat proyek ini bagi masyarakat Klungkung, kami akan berupaya untuk dapat pengoperasikan SPAM ini sehingga dapat memberikan pelayanan air minum berkelanjutan bagi masyarakat,“kata Nyoman Suwirta.

 

Sementara itu Kepala Balai PPW Bali, Nyoman Sutresna berkomitmen untuk serius dalam mengawasi dan mendampingi pelaksanaan di lapangan, agar memenuhi azas kepatuhan serta menghindari perbuatan korupsi, kolusi dan nepotisme. Disampaikan juga bahwa status kinerja PDAM Kabupaten Klungkung berdasarkan indikator kinerja BPPSPAM Tahun 2019 adalah “Sehat” sesuai laporan BPKP Perwakilan Provinsi NTT dengan cakupan pelayanan sekitar 80,39%, jumlah pelanggan 35.016 SR dan kehilangan air 32,05%. Ikut hadir dalam acara tersebut Direktur PDAM Kabupaten Klungkung, Nyoman Renin dan Subkordinasi Jafung Wilayah Bali Nusa Tenggara Direktorat Air Minum, Tyas Mami, S.T., M.T. (dit.am/em)


Print Berita