Para kepala desa di Kabupaten Banjar, Kalsel, yang memperoleh piagam dan plakat penghargaan atas pencapaian target 100 persen akses aman air minum dan sanitasi layak pada tahun 2020.
Foto: Para kepala desa di Kabupaten Banjar, Kalsel, yang memperoleh piagam dan plakat penghargaan atas pencapaian target 100 persen akses aman air minum dan sanitasi layak pada tahun 2020.
Kab Banjar Targetkan 100 Persen Akses Aman Air Minum dan Sanitasi Layak Tahun 2021

Banjar – Pada tahun 2020 ini pencapaian akses air minum di Kabupaten Banjar baru mencapai 75 persen, sedangkan pencapaian sanitasi layak di angka 45 persen, dan pemerintah kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan itu menargetkan dapat mencapai target akses aman air minum dan sanitasi layak 100 persen di tahun 2021.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Irwan Jaya, ketika memberikan sambutan pada acaraSosialisasi Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem Penyediaan Air Minum Perdesaan di Kantor Dinas PUPR Banjar, Kamis (3/12/2020). Sosialisasi SPAM Perdesaan itu antara lain dihadiri perwakilan pemerintah desa yang ada di Kabupaten Banjar.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan percepatan dalam mewujudkan target 100 persen akses aman air minum dan sanitasi layak tahun 2021,” katanya.

Menurutnya, melalui sinergitas antara Pemerintah Pusat, pemerintah kabupaten, pemerintah desa dan masyarakat, di harapkan tahun 2021, Kabupaten Banjar mampu mewujudkan target tersebut, di antaranya melalui program yang didukung Dana Alokasi Khusus (DAK), Hibah Air Minum Perdesaan dan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat(Pamsimas) melalui Kementerian PUPR.

Pada kesempatan itu, Pemkab Banjar menyerahkan piagam dan plakat kepada delapan desa yang telah berhasil mencapai 100 persen akses aman air minum dan sanitasi layak, yaitu Desa Mandi Kapau Timur, Mandi Kapau Barat, Telaga Baru, Belangian, Pa’au, Mangkalawat, Antasan Sutun dan Desa Pekauman Ulu.

Sedangkan desa yang memperoleh piagam dan plakat khusus untuk pencapaian 100 persen akses air minum saja adalah Desa Sungai Tabuk, Munggu Raya dan Desa Bawahan Seberang.(dit.am/yss)

Print Berita