Pengelola Pamsimas Kabupaten Kutai Kartanegara berfoto bersama dengan pegawai Pemda setempat, pengurus desa dan masyarakat di lokasi pembangunan Pamsimas di Desa Kota Bangun II, Kutai Kartanegara
Foto: Pengelola Pamsimas Kabupaten Kutai Kartanegara berfoto bersama dengan pegawai Pemda setempat, pengurus desa dan masyarakat di lokasi pembangunan Pamsimas di Desa Kota Bangun II, Kutai Kartanegara
Lima Desa di Kutai Kartanegara Peroleh Program Pamsimas TA 2020

Tenggarong – Sebanyak lima desa di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, telah ditetapkan sebagai desa penerima program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), masing-masing Desa Kota Bangun II dan Muhuran di Kecamatan Kota Bangun, Desa Lamin Pulut di Kecamatan Kenohan, Desa Perangat Baru di Kecamatan Marangkayu dan Desa Muara Enggelam di Kecamatan Muara Wis.

 

Menurut Kabid Penyehatan Lingkungan Dinas Perkim, Kutai Kartanegara, M. Aidil di Tenggarong, baru-baru ini, dari lima desa Pamsimas, sebanyak empat program diiayai dana APBN, sedangkan satu desa, yaitu Desa Muara Enggelam, didanai dana APBD. Saat ini, pembangunan infrastruktur sarana air minum perdesaan itu terus dilakukan.

 

“Pamsimas adalah program Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, merupakan program swakelola masyarakat, baik pekerjaannya, perencanaannya, dan pembangunannya, demikian juga pengelolaannya langsung oleh masyarakat desa,” katanya.

 

Pihak pemerintah daerah, katanya, hanya memfasilitasi pelaksanaan kegiatan dengan pendampingan teknis dan fasilitator, serta melakukan koordinasi langsung secara intens dengan Kementerian PUPR untuk suksesnya program tersebut.

 

Untuk tahun anggaran 2021, pihaknya masih melakukan pembahasan dengan seluruh pihak terkait, termasuk melakukan sosialisasi lebih dahulu dan menunggu adanya pengajuan minat dari desa yang menginginkan masuknya program Pamsimas. (dit.am/yss)


Print Berita