Peresmian groundbreaking SPAM Lintas-Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar di Pekanbaru, Kamis (19 November 2020). SPAM akan mengalirkan air minum layak konsumsi bagi 102 ribu rumah tangga di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.
Foto: Peresmian groundbreaking SPAM Lintas-Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar di Pekanbaru, Kamis (19 November 2020). SPAM akan mengalirkan air minum layak konsumsi bagi 102 ribu rumah tangga di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.
SPAM Regional Pekanbaru-Kampar Alirkan Air Besih Bagi 102 Ribu Rumah Tangga

Pekanbaru – Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar yang dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dapat mengalirkan air bersih kepada lebih dari 102.000 rumah tangga, bahkan manfaatnya sendiri dapat dirasakan oleh 624 ribu jiwa di dua daerah administrasi tersebut.

 

Hal itu dikemukakan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar pada acara persemian groundbreaking SPAM Lintas-Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar di Pekanbaru, Kamis (19 November 2020). Pembangunan SPAM tersebut untuk mendukung peningkatan pelayanan air minum yang bersih dan sehat bagi masyarakat di wilayah selatan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

 

Gubernur mengharapkan SPAM Lintas-Kota Pekanbaru dan Kampar berkapasitas 1.000 liter/ detik dapat secepatnya dibangun atau direalisasikan, sehingga air bersih yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat segera dirasakan masyarakat, khususnya di Kecamatan Tambang dan Siak Hulu (Kampar) dan di Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan Damai dan Tampan (Kota Pekanbaru).

 

"Infrastruktur SPAM ini harus segera dilaksanakan pembangunannya, karena kalau dibiarkan atau ditunda - tunda, proyek ini tidak jalan-jalan," katanya.

 

Gubernur Riau menjelaskan bahwa pembiayaan pembangunan infrastruktur air minum dilakukan melalui skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah, BUMN, PDAM Kota Pekanbaru, dan PDAM Kabupaten Kampar. (dit.am/yss)


Print Berita