Seorang warga desa sedang menyelesaikan pemasangan jaringan pipa distribusi air minum program Pamsimas di Desa Buanamekar, Kabupaten Ciamis. Program Pamsimas TA 2020 di desa itu dapat mengaliri kebutuhan air minum di tiga dusun dan satu sekolah dasar.
Foto: Seorang warga desa sedang menyelesaikan pemasangan jaringan pipa distribusi air minum program Pamsimas di Desa Buanamekar, Kabupaten Ciamis. Program Pamsimas TA 2020 di desa itu dapat mengaliri kebutuhan air minum di tiga dusun dan satu sekolah dasar.
Pamsimas Desa Buanamekar Aliri Tiga Dusun dan Satu Sekolah Dasar

Ciamis – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota, dan sepenuhnya melibatkan masyarakat secara langsung.

Salah satu program Pamsimas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, adalah di Desa Buanamekar, Kecamatan Panumbangan, dan sudah terbukti sangat membantu masyarakat desa.

Menurut Kasi Pelayanan Desa Buanammekar, Udin Suherman, Kamis (10/09/2020) pekan lalu, di sesanya saat ini sedang ada pembangunan bak penampungan air, lokasinya persis di Blok Cisema.

Pembangunan sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi tersebut, menurutnya, diperuntukkan bagi tiga dusun yang ada di desa itu, dan pekerjaan tersebut direncakana selesai dalam waktu 120 hari.

“Mudah-mudahan lancar dan selesai tepat waktu, sehingga warga desa kami dapat merasakan kemudahan dalam memperoleh layanan air bersih dan sanitasi,” katanya.

Ia menambahkan bahwa lokasi Pamsimas cukup dekat dengan sumber mata air yang ada di desanya, dan diyakini dapat mencukupi kebutuhan air bersih di tiga dusun tersebut, termasuk untuk kebutuhan air bersih bagi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Buanamekar.

“Nantinya akan kami lengkapi dengan sarana cuci tangan sehingga masyarakat akan mudah untuk membersihakan tangan, sesuai anjuran pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Udin.

Ia menambahkan bahwa program Pamsimas merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang salah satu tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat desa, sekaligus mendorong semangat kebersamaan warga desa.

“Program Pamsimas juga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan mendorong kemajuan di bidang usaha pertanian,” katanya. (am/yss)

Print Berita