Suasana pembukaan kegiatan Sosialisasi Pamsimas di Graha Aparatur Mentok, Bangka Barat. Sosialisasi dibuka Asisten Sekda Bangka Barat, Rozali.
Foto: Suasana pembukaan kegiatan Sosialisasi Pamsimas di Graha Aparatur Mentok, Bangka Barat. Sosialisasi dibuka Asisten Sekda Bangka Barat, Rozali.
Program Pamsimas Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa

Mentok, Babel - Sebanyak lima desa di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Menurut Asisten Sekda Kabupaten Bangka Barat, Rozali, awal pekan ini, pada tahun 2020 ini sebanyak lima desa menerima bantuan program Pamsimas, yaitu Desa Pelangas, Simpanggong, Rambat, Sinarsari dan Pangkalberas. Ia mengharapkan program penyediaan air minum perdesaan itu mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desa.

“Program Pamsimas merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat untuk meningkatkan jumlah warga yang mendapatkan akses pelayanan air minum, sanitasi dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui upaya pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, program Pamsimas bergerak dalam penyediaan sumber air bersih bagi masyarakat untuk menindaklanjuti kekhawatiran pemerintah terhadap kualitas air bersih yang semakin memburuk, dan khusus tahun 2020 ini, program tersebut diberikan kepada lima desa regular dan desa prioritas penanganan stunting.

Program Pamsimas juga sangat tepat dan bermanfaat karena mampu mendorong terwujudnya kemitraan antara Pemerintah Pusat, pemerintah daerah dan masyarakat desa dalam percepatan peningkatan akses aman terhadap air minum dan sanitasi perdesaan.

Kabupaten Bangka Barat, menurutnya, dinilai berhasil dalam menjalankan program Pamsimas, dan untuk tahun 2021, kabupaten itu ditetapkan sebagai daerah penerima Hibah Intensif Desa (HID) dan Hibah Khusus Pamsimas (HKP) oleh Kementerian PUPR.

“Program HID diberikan kepada desa yang dinilai sudah tuntas melaksanakan program Pamsimas dasar dan menunjukkan kinerja baik serta memiliki keberfungsian sarana yang baik juga,” katanya.

Dikemukakan bahwa pada tahun 2021, sejumlah desa di Kabupaten Bangka Barat akan mendapatkan peluang untuk menerima HID dari Direktorat air Minum, Ditjen Cipta Karya sesuai usulan, di antaranya adalah Desa Ibul, Kundi, Peradong, Bukitterak, Airbulin, Terentang dan Desa Tugang.

"Program Pamsimas masuk Bangka Barat sejak tahun 2016, dan program nasional ini sangat penting dan diharapkan berkelanjutan untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bangka Barat," katanya. (am/yss)

Print Berita