Salah satu contoh tangki penampung air minum sederhana pada program Pamsimas di Kabupaten Bolsel. Untuk Tahun 2020, sebanyak 17 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memperoleh program Pamsimas.
Foto: Salah satu contoh tangki penampung air minum sederhana pada program Pamsimas di Kabupaten Bolsel. Untuk Tahun 2020, sebanyak 17 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memperoleh program Pamsimas.
17 Desa di Bolsel Siap Laksanakan Program Pamsimas

Bolaang Mongondow Selatan – Sejumlah 17 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memperoleh program pembangunan infrastruktur Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun 2020.

Hal itu dikemukakan Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Bolsel, Armam Dali seusai melakukan penandatanganan Adendum Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Utara dan perwakilan desa lokasi Pamsimas di Kantor Bapelitbangda Bolsel, Selasa (07/7/2020). Adendum itu terkait Program Pamsimas Tahun 2020.

Dikemukakan bahwa program Pamsimas itu akan dilaksanakan di 17 desa di tujuh kecamatan, berasal dari Pemerintah Pusat, dan pelaksanaanya pun dilakukan oleh masyarakat desa secara swadaya. “Pemda hanya menfasilitasi serta mengawasi,” kata Armam Dali.

Ia menambahkan bahwa dari 17 desa lokasi Pamsimas yang telah ditetapkan itu, sebanyak 12 desa akan dibiayai anggaran yang bersumber dari APBN, kemudian tiga desa dibiayai oleh dana APBD Pemda, sedangkan dua desa mendapatkan dana hibah APBN melalui LPM.

“Seluruh program untuk 17 desa terpilih sudah melalui tahap verifikasi,” katanya.

Koordinator Pamsimas Kabupaten Bolsel, Leny Rahayu, mengatakan, selain dilakukan penandatanganan, pihaknya juga memastikan agar desa serius untuk menjalankan program Pamsimas tersebut.

“Pemerintah desa dan warga desa harus serius menjalankan program Pamsimas, sehingga di masa datang, tidak ada lagi warga desa yang kesulitan memperoleh air bersih layak konsumsi,” katanya.

Sedangkan 17 Desa yang terpilih untuk melaksanakan Program Pamsimas, adalah Desa Pilolahunga, Meyambanga, Meyambanga Timur (Kecamatan Posigadan); Desa Bakida, Binaha, dan Biniha Timur (Kecamatan Helumo); kemudian Desa Tangaga, Tabilaa, dan Salango Timur (Kecamatan Bolaang Uki). 

Selanjutnya Desa Adow dan Adow Selatan (Kecamatan Pinolosian Tengah); Desa Kombot dan Desa Linawan (Kecamatan Pinolosian); Desa Iligon, Pidung, dan Desa Modisi (Kecamatan Pinolosian Timur), serta Desa Milangodaa di Kecamatan Tomini. (pspam/yss)

Print Berita