Seorang warga Desa Seko Lubuk Tigo yang terdampak pandemi Covid-19 menerima bantuan sembako dari pengurus KP-SPAMS Air Kehidupan, desa Seko Lubuk Tigo, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu. KP-SPAMS merupakan kelompok pengelola program air bersih Pamsimas.
Foto: Seorang warga Desa Seko Lubuk Tigo yang terdampak pandemi Covid-19 menerima bantuan sembako dari pengurus KP-SPAMS Air Kehidupan, desa Seko Lubuk Tigo, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu. KP-SPAMS merupakan kelompok pengelola program air bersih Pamsimas.
KP-SPAMS Seko Lubuk Tigo Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

Indragiri Hulu, Riau – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) melalui kelembagaan desa Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Saitasi (KPSPAMS) terus memberikan perhatian terkait upaya pencegahan penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) serta dampak yang ditimbulkannya. 

Pengurus KP-SPAMS ‘Air Kehidupan’ Desa Seko Lubuk Tigo, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, mengambil insiatif untuk membantu pemerintah desa dalam memerangi penyebaran Covid-19 dan menanggulangi dampaknya dengan membagikan sembako kepada warga masyarakat tidak mampu yang terdampak Covid-19.

KP-SPAMS merupakan kelembagaan masyarakat untuk mengelola sarana air minum dari hasil kegiatan Pamsimas. Desa Seko Lubuk Tigo, Kecamatan Lirik, yang menerima program Pamsimas tahun 2015.

Pandemi Covid-19 selain memengaruhi kondisi kesehatan fisik juga berdampak pada sosial ekonomi masyarakat. Selain membagikan sembako gratis, pengurus KP-SPAMS Desa Seko Lubuk Tigo juga melakukan kegiatan promosi pencegahan Covid-19 dengan memasang spanduk, membangun Sarana Cuci Tangan (SCT), dan melakukan sosialisasi untuk selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir.

“Rajin melakukan CTPS diyakini dapat memutus mata rantai penyebaran penyakit menular termasuk Covid-19,” kata Ketua KPSPAMS ‘Air Kehidupan’ Desa Seko Lubuk Tigo, Burawan.

Menurut Burawan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut hasil musyawarah pengurus KP-SPAMS bersama Tim Fasilitator Masyarakat yang bertugas di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan itu diharapkan memberikan motivasi kepada desa lainnya agar lebih peduli dan memberikan perhatian untuk membantu warga desa yang terdampak Covid-19.

Saat ini KP-SPAMS Desa Seko Lubuk Tigo mengelola 89 sambungan rumah (SR), dengan rincian 6 SR hasil swadaya masyarakat, sebanyak 70 SR dari Hibah Air Minum Perdesaan (HAMP) tahun 2018, dan 13 SR dari program HAMP tahun 2019. Kegiatan pembagian sembako juga dihadiri Kepala Desa Seko Lubuk Tigo, Jailis.

Untuk menjamin keberlanjutan pelayanan air minum, KP-SPAMS menetapkan tarif air sebesar Rp 5.000/m3 ditambah biaya beban atau abonemen sebesar Rp 5.000 /SR/bulan. Penetapan tarif air telah diatur dalam Peraturan Desa dan dipatuhi oleh warga pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya pelanggan yang menunggak pembayaran iuran air setiap bulannya.

Menurut Kepala Desa Seko Lubuk Tigo, Jailis, untuk tahun 2020 ini, Desa Seko Lubuk Tigo telah diusulkan untuk penerima program Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Riau untuk mempercepat terwujudnya 100 persen pelayanan air minum bagi seluruh warga desa. (pspam/yss)

Print Berita