Pengurus KP-SPAMS Pamsimas di beberapa desa di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) di beberapa lokasi strategis yang dapat dipergunakan warga desa untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).
Foto: Pengurus KP-SPAMS Pamsimas di beberapa desa di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) di beberapa lokasi strategis yang dapat dipergunakan warga desa untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).
Tangkal Corona, KP-SPAMS di Kabupaten Indragiri Hulu Siapkan Sarana Cuci Tangan

Indragiri Hulu, Riau – Untuk mendukung imbauan Pemprov Riau dan Pemkab Indragiri Hulu dalam mengurangi resiko penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), sejumlah desa lokasi sasaran program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Indragiri Hulu membangun sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Desa-desa tersebut merupakan desa pasca-program Pamsimas yang berada di Kecamatan Lirik. Pemerintah desa bersama dengan Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) selaku pengelola sarana air minum hasil kegiatan Pamsimas, melakukan rembug warga dan bergerak membangun sarana CTPS.

Sarana CTPS tersebut mendapat pasokan air dari pipa distribusi yang dibangun melalui program Pamsimas. Sarana CTPS dilengkapi dengan sabun dan ditempatkan di lokasi strategis, antara lain di area tempat pembayaran iuran KP-SPAMS, rumah ibadah, pos kamling, dan lokasi strategis lainnya.

Penyediaan sarana CTPS di masa pandemi Covid-19 tersebut dimaksudkan untuk mengedukasi warga desa dan sebagai bentuk implementasi pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang telah menjadi program Pamsimas melalui penerapan ‘5 Pilar’ Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Pilar kedua adalah melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Dalam pembangunan sarana CTPS, Tim Fasilitator Program Pamsimas turut mendampingi warga masyarakat. Pendampingan oleh Tim Fasilitator sekaligus sebagai upaya mengadvokasi pemerintah desa, KP-SPAMS, dan tokoh masyarakat agar tergerak untuk menyediakan dan menambah sarana cuci tangan pakai sabun.

KP-SPAMS yang telah mewujudkan tambahan sarana CTPS antara lain Desa Mekar Sari, Seko Lubuk Tigo, Wonosari, Lambang Sari I, II, dan III, Sukajadi, dan Desa Sungai Sagu. Desa-desa tersebut berada di Kecamatan Lirik. Penyediaan sarana CTPS itu dibiayai dari dana KP-SPAMS setempat ditambah APBDes TA 2020.

Pengadaan sarana CTPS tersebut juga diharapkan dapat memotivasi warga desa untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mendorong warga desa menyediakan sarana CTPS tambahan di sekitar rumah masing-masing. (pspam/yss)


Print Berita