Pengurus KP-SPAMS Desa Cikembang, Sukabumi, berfoto bersama dengan para lansia dan jompo yang terdampak Covid-19 seusai penyerahan bantuan sosial. Bantuan sosial tersebut didanai dari kas iuran warga pelanggan air bersih program Pamsimas.
Foto: Pengurus KP-SPAMS Desa Cikembang, Sukabumi, berfoto bersama dengan para lansia dan jompo yang terdampak Covid-19 seusai penyerahan bantuan sosial. Bantuan sosial tersebut didanai dari kas iuran warga pelanggan air bersih program Pamsimas.
KP-SPAMS Desa Cikembang Alokasikan Bansos Bagi Warga Terdampak Covid-19

Sukabumi - Pandemi global Corona Virus Disease Tahun 2019 (Covid -19 membawa dampak besar bagi perekonomian, termasuk bagi warga Desa Cikembang, Sukabumi, Jawa Barat. Banyak pekerja dari desa ini yang dirumahkan atau terjadi pemotongan gaji, sehingga keluarga mereka di desa tidak mendapat kiriman uang bulanan dari anak-anaknya.

Bantuan sosial masyarakat dari Pemerintah Pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten di masa-masa merebaknya pandemic Covid-19 belum sampai ke warga karena sejumlah proses yang harus dilakukan, dan kondisi tersebut mendorong pengurus KP-SPAMS Desa Cikembang berinisiatif mencairkan dana sosial KP-SPAMS untuk pengadaan sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Terutama para jompo dan lansia warga desa itu tidak lagi memperoleh kiriman uang dari anak-anak mereka yang bekerja di kota telah memperoleh paket sembako yang terdiri atas beras, telur, minyak goreng, gula pasir, kecap, garam, dan sayur-sayuran.

Mulai awal Mei 2020 lalu, paket bansos sembako mulai dibagikan, bekerja sama dengan pemerintah desa dan pengurus Karang Taruna setempat. KP-SPAMS Desa Cikembang juga memberikan insentif bantuan sosial kepada imam masjid dan guru ngaji yang ada di desa itu.

Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) Desa Cikembang merupakan kelompok pengelola sarana air minum perdesaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang merupakan program nasional.

“Kami berusaha untuk membantu warga desa ini melalui bantuan sosial di masa pandemi Covid-19 ini, karena banyak warga desa ini yang bekerja di kota terkena dampaknya, sehingga tidak lagi mampu mengirim uang bagi keluarganya,” kata Ketua KP-SPAMS Desa Cikembang, Rahmat Gustandi.

Desa Cikembang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, merupakan desa penerima program Pamsimas III TA 2018. Program tersebut menghasilkan SPAM perdesaan yang dikelola KP-SPAMS setempat.

Sampai saat ini KP-SPAMS Desa Cikembang mengelola 139 sambungan rumah (SR) yang telah dilengkapi dengan alat meteran air. Pada tahun 2020 ini, KP-SPAMS mendapatkan program bantuan Hibah Air Minum Perdesaan (HAMP) sebanyak 105 SR yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Tarif iuran air bersih Pamsimas bagi pelanggan sebesar Rp 2000 per m3 yang telah ditetapkan melalui peraturan desa. Dalam perdes itu, diatur adanya kewajiban untuk mengalokasikan 20 persen dari jumlah Iuran air bersih warga dalam sebulan untuk kegiatan sosial bagi warga desa. (pspam/yss)


Print Berita