Koordinator Program Nasional (Pamsimas) yang juga Fasilitator Masyarakat Pamsimas Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Leni Rahayu, sedang melakukan presentasi program Pamsimas III pada acara Sosialisasi Program Pamsimas III TA 2020 Tingkat Kabupaten Bolsel.
Foto: Koordinator Program Nasional (Pamsimas) yang juga Fasilitator Masyarakat Pamsimas Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Leni Rahayu, sedang melakukan presentasi program Pamsimas III pada acara Sosialisasi Program Pamsimas III TA 2020 Tingkat Kabupaten Bolsel.
15 Desa di Kabupaten Bolsel Ditetapkan Sebagai Desa Pamsimas TA 2019

Bolaang Uki – Koordinator Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang juga Fasilitator Masyarakat Program Pamsimas Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Leni Rahayu, mengatakan bahwa peran masyarakat desa di Kabupaten Bolsel sangat mendukung program Pamsimas.

“Masyarakat adalah pelaku utama program Pamsimas dalam membangun dan meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, dan hingga saat ini, di Kabupaten Bolsel, sudah terlaksana di 30 desa,” katanya di acara Sosialisasi Program Pamsimas III Tahun Anggaran 2020 Tingkat Kabupaten Bolsel, Selasa (17/09/2019).

Sedangkan untuk tahun anggaran berjalan (2019), ada 15 desa di kabupaten itu yang melaksanakan program Pamsimas.

Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Bolsel, Muhammad Suja Alamri, saat membuka acara sosialisasi menyampaikan penghargaan dan apresiasinya terhadap pelaksanaan program Pamsimas yang menurutnya telah memberikan manfaat bagi masyarakat desa di bidang penyediaan air minum dan sanitasi.

“Pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten ini selama ini telah berupaya untuk memenuhi ketersediaan air minum dan sanitasi yang layak, dan kehadiran program Pamsimas telah mempercepat peningkatan pelayanan air minum dan sanitasi terhadap masyarakat,” katanya.

Menurutnya, bantuan dana dan bantuan teknis dari Pemerintah Pusat melalui program Pamsimas telah menjadi stimulan bagi masyarakat dan pemerintah desa. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk mendukung program Pemerintah Pusat tersebut sehingga seluruh masyarakat bisa merasakan ketersediaan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

Hadir pada acara itu Kepala Bapelitbangda Bolsel, Harifin Matulu, para camat dan perwakilan pemerintah desa yang menjadi penerima Pamsimas TA 2019. (pspam/yss)


Print Berita