Salah satu bangunan program Pamsimas III di sebuah desa di Provinsi Bengkulu. Tahun 2019 ini, sebanyak 16 desa di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, telah ditetapkan sebagai desa baru program Pamsimas.
Foto: Salah satu bangunan program Pamsimas III di sebuah desa di Provinsi Bengkulu. Tahun 2019 ini, sebanyak 16 desa di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, telah ditetapkan sebagai desa baru program Pamsimas.
16 Desa di Kabupaten Mukomuko Ikuti Program Pamsimas TA 2019

Bengkulu - Tahun 2019 ini sebanyak 16 desa di Kabupaten Mukomuko telah dinyatakan mengikuti Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Ke-16 desa tersebut tersebar di delapan kecamatan.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Kawasan dan Permukiman dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Mukomuko, Bambang Budi Antoni, pertengahan September 2019 lalu, dari 16 desa tersebut, sebanyak 12 desa dibiayai sepenuhnya melalui dana APBN, sedangkan empat desa dibiayai APBD.

Program Pamsimas di 12 desa yang dibiayai Pemerintah Pusat (APBN) adalah Desa Makmur Jaya, Desa Marga Mulya, Rami Mulya dan Desa Bukit Mulya di Kecamatan Air Rami.

Kemudian Desa Karang Jaya (Kecamatan Teras Terunjam), Desa Resno (Kecamatan V Koto), Desa Air Kasai dan Desa Sari Bulan (Kecamatan Air Dikit), Desa Lubuk Selandak (Kecamatan Teramang Jaya), Desa Bumi Mekar Jaya (Kecamatan Pondok Suguh), Desa Gading Jaya dan Desa Talang Gading di Kecamatan Sungai Rumbai.

"Sedangkan empat desa yang dibiayai pemerintah daerah adalah Desa Semundam dan Desa Mundam Marap di Kecamatan Ipuh, kemudian Desa Setia Budi di Kecamatan Teras Terunjam, serta Desa Sinar Laut di kecamatan Pondok Suguh," katanya.

Ia menambahkan bahwa program pembangunan fisik akan segera dilaksanakan, dan ia berharap semuanya berjalan sesuai rencana, dan setelah selesai dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa. (pspam/yss)


Print Berita