Warta

Berita



08
Jan
08 Jan 2016 | 11:07WIB | Kategori : Hibah Air Limbah | Oleh : TASan

Rapat Koordinasi Tim Pokja Penyiapan Kegiatan Palembang City Sewerage Project

Mengawali Tahun 2016, pada hari Rabu tanggal 5 Januari lalu telah dilaksanakan pertemuan Tim Kelompok Kerja Penyiapan Kegiatan Palembang City Sewerage Project di Kantor Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Jakarta. Pertemuan ini dihadiri perwakilan dari Kementerian PUPR, Bappenas, Kementerian Keuangan, Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Palembang, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia dan IndII Facility.
Pertemuan yang dipimpin oleh Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) Dwityo A. Soeranto ini, membahas kemajuan kegiatan yang sudah dicapai hingga saat ini serta rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan. 
Kegiatan yang akan dibiayai oleh Hibah Pemerintah Australia, APBN Kementerian PUPR, APBD Propinsi Sumatera Selatan dan APBD Pemerintah Kota Palembang ini, pelaksanaan konstruksinya akan dimulai pada Tahun 2017 dan diharapkan dapat selesai pada Tahun 2019. 
Pekerjaan akan diawali dengan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Stasion Pompa. Karena pada Tahun 2018 di Kota Palembang akan berlangsung event Asian Games, maka pemasangan jaringan pipa akan dilaksanakan pada lokasi yang tidak mengganggu kegiatan event tersebut.
Konsep tanggung jawab pembiayaan antara Pemerintah Pusat (Ditjen Cipta Karya) dan Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan beserta Pemerintah Kota Palembang adalah sebagai berikut : Pembiayaan catchment 1 dan 3 menjadi tanggung jawab Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang. Sedangkan Catchment 2 dan 4 akan menjadi tanggung jawab Ditjen Cipta Karya. Sedangkan hibah dari Pemerintah Australia akan digunakan untuk pembangunan IPAL dan Stasion Pompa.
Pada Catchment 1, rencana Sambungan Rumah (SR) yang akan dilayani adalah 2500 SR. Pada lokasi ini akan dipasang pipa dengan diameter 100 mm sampai 600 mm dengan total panjang hampir 25 km. Untuk Catchment 2 yang akan melayani 1.500 SR akan dipasang pipa dengan diameter antara 100 mm hingga 1.050mm dengan total panjang jaringan pipa sekitar 18 km. Sedangkan pada Catchment 3 dan 4 dimana masing-masing akan melayani 4.000 SR akan dipasang pipa dengan diameter 100mm hingga 900 mm dengan total panjang jaringan pipa sekitar 80 km.
Konsep Surat Perjanjian Kerjasama yang telah disiapkan, dan sekarang ini sedang direview secara legal dan teknis di internal Ditjen Cipta Karya. Selanjutnya Konsep Surat Perjanjian Kerjasama ini akan dibahas juga bersama Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang pada akhir Januari 2016 ini. 
Sedangkan pembahasan mekanisme penyaluran dana hibah akan dibahas lebih rinci oleh Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan Ditjen Perimbangan Keuangan, Ditjen Cipta Karya,  BAPPENAS, Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Palembang, DFATdan IndII Facility.