Melaksanakan pembinaan teknis, pengawasan teknis, dan fasilitasi dalam penyelenggaraan pengembangan sistem pengelolaan air limbah, sistem pengelolaan persampahan, drainase lingkungan, dan penyehatan lingkungan permukiman terkait pada kawasan perbatasan, pulau-pulau kecil terluar, pasca bencana, dan kawasan tertentu yang ditetapkan oleh peraturan perundangundangan serta pengembangan inovasi, dan jejaring kemitraan.
oleh Komangraka Minggu Jun 05, 2016 9:19 pm
Setiap rumah punya sumur resapan minimal 2-3 m3....dari air atap rumah dan halaman
Bayangkan rechager kembali bumi dengan air segar.
Interupsi air laut pantura makin lama makin berkurang
oleh AdeSR Rabu Jun 08, 2016 2:03 pm
Saat ini kami sedang menggalakkan prinsip drainase berwawasan lingkungan melalui gerakan menabung air. gerakan ini diimplementasikan melalui pembauatan tampungan air hujan skala rumah tangga maupun komunal. Hal ini juga diterapkan pada perencanaan PS PLP di permukiman di pulau terpencil, pulau terluar serta kawasan perbatasan. Semoga upaya ini bisa membantu pemenuhan akses.
oleh rady.febrian Rabu Jun 15, 2016 2:42 pm
Saat ini di Jogja kita juga sedang melakukan pilot project inovasi dibidang drainase lingkungan di beberapa sma dan smp. Pilot project dilakukan bekerja sama dengan dosen dari UGM Bpk Agus Maryono.
Semoga hasil pilot project ini baik dan bisa direplikasi di daerah lain..

rf

Siapa yang online

Pengguna yang ada di forum: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 0 pengunjung

Tentang Klinik Sanitasi

Klinik Sanitasi Penyehatan Lingkungan Permukiman selanjutnya disebut Klinik Sanitasi PLP, merupakan upaya atau kegiatan yang mengintegrasikan pelayanan Sanitasi Penyehatan Lingkungan Permukiman antara promotif, preventif, dan kuratif yang dilakukan oleh Direktorat Penyehatan Lingkungan Permukiman bersama-sama dengan pemerhati, praktisi serta pelaku sanitasi dalam hal mengatasi permasalahan kesehatan lingkungan pemukiman. Klinik Sanitasi bukan sebagai kegiatan pokok yang berdiri sendiri, tetapi bagian integral dari kegiatan sanitasi permukiman lainnya yang dilaksanakan baik secara lintas program maupun lintas sektor kementerian. Dalam pelaksanaan kegiatan Klinik Sanitasi Penyehatan Lingkungan Permukiman ini difasilitasi oleh Direktorat Pengembangan PLP.

Klien Klinik Sanitasi

Klien Klinik Sanitasi adalah pengunjung web Direktorat Pengembangan PLP maupun pengunjung Klinik Sanitasi PLP yang mendaftarkan diri melalui registrasi yang selanjutnya dapat menyampaikan pertanyaan, komentar, maupun klarifikasi terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan sanitasi penyehatan lingkungan permukiman.

Tujuan & Sasaran

Tujuan dari Program Klinik Sanitasi PLP ini adalah untuk menyamakan persepsi, meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta menyelesaikan permasalahan maupun curah pendapat terkait sanitasi penyehatan lingkungan permukiman yang dilakukan secara terpadu, terarah dan tersusun secara terus menerus. Adapun yang menjadi sasaran program Klinik Sanitasi PLP ini yaitu :

  • a. Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun kabupaten/kota yang berkepentingan dengan sanitasi penyehatan lingkungan permukiman
  • b. pemerhati, praktisi serta pelaku sanitasi dalam hal mengatasi permasalahan sanitasi penyehatan lingkungan pemukiman.

Ruang Lingkup

Pengelolaan air limbah permukiman, pengelolaan persampahan serta engelolaan drainase lingkungan permukiman dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan untuk mewujudkan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan.

cron