PLP Kalbar Launching Program Bank Sampah TPST-3R

Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Tempat Pemungutan Sampah Terpadu (TPST)-3R (Reduce, Reuse, Recycle) di ruangan aula PIP2B Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (4/12/2014)

Acara dibuka Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalbar yang diwakili oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU Bride Suryanus A. Bride mengatakan ini merupakan kesempatan yang sangat baik sekali dalam penyelenggaran kegiatan ini, karena bisa membantu masyarakat yang perlu pemahaman tentang pengelolaan dan penanganan masalah TPST-3R ini. "Informasi yang disampaikan tepat sasaran sehingga penduduk yang sudah mengerti dan memahami program ini nantinya," tutur Bride. Kepala Satker PLP Provinsi Kalbar Uray Asikin menyampaikan bahwa  maksud kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang keberadaan kegiatan fisik yang akan dilaksanakan oleh Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan lingkungan Permukiman Kalimantan Barat.

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah  mengevaluasi program aksi pengembangan bank sampah melalui TPST-3R dan untuk mengembangkan dan meningkatkan serta memasyarakatkan Bank Sampah  melalui TPST-3R serta berbagi pengalaman dalam pengelolaan dan  penanganan melalui Bank Sampah TPST-3R. Uray berharap melalui kegiatan ini agar KSM Bank Sampah TPST-3R yang sudah terbentuk dapat lebih termotivasi kembali lagi guna memudahkan dan menyadarkan masyarakat bahwa sampah mempunyai nilai ekonomis yang dapat dijadikan pendapatan tambahan melalui program bank sampah. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 42 orang  terdiri dari Dinas Kebersihan Kota Pontianak dan Kota Singkawang, Lurah, Konsultan TPST-3R serta KSM TPST-3R Kota Pontianak dan Kota Singkawang. Sedangkan narasumber kegiatan ini terdiri dari Konsultan TPST-3R Kota Pontianak dan KSM TPST-3R Kota Pontianak dan Kota Singkawang. (Mrsl-rdl-Klbr/ari)