Foto : Acara Workshop Evaluasi Pencapaian Renstra Direktorat PPLP


Workshop Evaluasi Pencapaian Renstra Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Tahun 2015 – 2019

Dalam rangka evaluasi terhadap pencapaian Renstra Direktorat PLP guna melihat tingkat capaian output dan outcome Direktorat Pengembangan PLP tahun 2015 – 2019, maka Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman menyelenggarakan Workshop Evaluasi Pencapaian Rencana Strategis Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Tahun 2015 – 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 Desember 2019 di Hotel Grand Kemang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan yang ditetapkan dalam Renstra Direktorat Pengembangan PLP tahun 2015 – 2019, target pencapaian dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2015 – 2019, hambatan dan tantangan dalam melaksanakan Renstra Direktorat Pengembangan PLP tahun 2015 – 2019, dan menyusun rekomendasi untuk perbaikan Renstra Direktorat Pengembangan PLP tahun 2020 – 2024.

Acara dibuka oleh Ir. Prasetyo selaku Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman dan dihadiri oleh Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman, perwakilan Subdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat KIP, Subdit Perencanaan Teknis Direktorat PKP, Bagian Pemantauan dan Evaluasi Biro PAKLN, dan seluruh subdit di lingkungan Direktorat Pengembangan PLP.

Dalam sambutannya, Prasetyo menyampaikan target pembangunan sanitasi tidak hanya dikaitkan dengan konteks pembangunan nasional, namun juga selaras dengan target Sustainable Development Goals 2030. Sehingga tantangan kedepan adalah bagaimana menyediakan akses sanitasi yang layak dan aman, mendorong pemerintah daerah sebagai service provider dalam penyediaan layanan sanitasi dan tentunya awareness masyarakat terhadap perilaku hidup sehat. Saat ini capaian akses air limbah dan persampahan masih terpisah belum dihitung gabungan sehingga diharapkan kedepannya dapat mendapatkan angka capaian akses untuk sanitasi (air limbah domestik dan persampahan) di Indonesia.

Workshop ini mengundang beberapa narasumber antara lain Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman yang menyampaikan Evaluasi Pencapaian Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Tahun 2015 – 2019, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman yang menyampaikan Konsep Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Tahun 2020 – 2024, dan Ir. Budi Listyawan, IPU, ACPE yang menyampaikan Evaluasi Pencapaian Rencana Strategis Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Tahun 2015 – 2019.

Melalui workshop ini diharapkan dapat diketahui sejauh mana sinkronisasi antara perencanaan kebijakan dalam dokumen Renstra Direktorat Pengembangan PLP dengan Renstra Direktorat Jenderal Cipta Karya dan RPJMN serta capaian realisasi kinerja dan penggunaan anggaran tahun 2015 – 2019 dan hasil Evaluasi Pencapaian Rencana Strategis Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Tahun 2015 – 2019.

Print Berita