Foto : Foto Bersama Peserta Konsinyasi Instrumen Data Bidang PLP


Konsinyasi Instrumen Data Bidang Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman

Dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data sesuai yang diamanatkan pada Perpres Nomor 39 Tahun 2019, maka Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman menyelenggarakan Konsinyasi Instrumen Data Bidang Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman yang dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Desember 2019 di Hotel Wyndham Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan instrumen data pada Sistem Informasi Infrastruktur Sanitasi (SI INSAN) sesuai dengan kebutuhan pengolahan data dan menyepakati instrumen data yang akan digunakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Acara dibuka oleh Sawrono Rochmat ST. MT selaku Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi dan dihadiri oleh perwakilan Subdit di lingkungan Dit. Pengembangan PLP, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Perkerjaan Umum yang mengampu sektor air limbah domestik, persampahan dan drainase di Kota Surabaya, Blitar, Batu, Malang, Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Malang, Jombang, Probolinggo, Pacitan, Lumajang, Lamongan dan Ponorogo.

Dalam sambutannya, Sarwono menyampaikan Saat ini data dan informasi sektor air limbah domestik, persampahan dan drainase lingkungan masih minim, tersegmentasi, dan belum terintegrasi antara data di tingkat lokal dan pusat maupun antar sektor. Selain itu, berdasarkan hasil konsolidasi data diperoleh hasil keterisian data pada sektor air limbah domestik sebesar 56,95%, pada sektor persampahan sebesar 30,83% dan pada sektor drainase sebesar 69,00%.  Minimnya keterisian data dapat terjadi antara lain karena jumlah instrumen data yang harus diisi oleh produsen data cukup banyak dan detil, penyebaran data pada berbagai OPD di Pemerintah Daerah dan tidak seragamnya jenis data yang dikumpulkan antar Pemerintah Daerah dan Pusat.  

Konsinyasi ini juga mengundang Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman yang diwakilkan oleh Elkana Catur Hardiansah, S.T., M.Si selaku Kasi Pengelolaan Data, Subdirektorat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi yang menyampaikan materi mengenai Satu Data Pembangunan Infrastruktur Permukiman. Dalam pemaparannya, Catur menyampaikan bahwa tujuan satu data Indonesia yaitu memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data, mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses  dan dibagipakaikan, serta mendorong keterbukaan dan transparasi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijkan pembangunan yang berbasis pada data.

Dengan adanya kegiatan Konsinyasi Instrumen Data Bidang Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman diharapkan intrumen data yang disepakati dapat menggambarkan pencapaian akses air limbah domestik, jumlah sampah yang terolah, serta genangan yang tertangani. (Mitria, Subdit PE-Dit. PPLP)

Print Berita