Foto : Sambutan Kegiatan Jambore Indonesia Bersih Dan Bebas Sampah Dalam Rangkaian Hari Habitat Dunia (HHD) Dan Hari Kota Dunia (HKD) Tahun 2019 Oleh Direktur Pengembangan PLP, Ir. Prasetyo, M.Eng


Jambore Indonesia Bersih Dan Bebas Sampah Dalam Rangkaian Hari Habitat Dunia (HHD) Dan Hari Kota Dunia (HKD) Tahun 2019

Sebagai rangkaian peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia ini maka dilaksanakan Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bali pada tanggal 10 – 12 Oktober 2019 sebagai bagian/rangkaian acara Pengukuhan Perwakilan Forum Komunikasi Provinsi bebas sampah sebagai salah satu forum/wadah dari pegiat persampahan bertukar ide dan pemikiran, yang memiliki komitmen untuk mewujudkan perumahan dan permukiman yang layak huni melalui percepatan pembangunan infrastruktur persampahan serta tumbuhnya gerakan dan perubahan perilaku masyarakat untuk menciptakan Indonesia Bersih dan Bebas Sampah.    

Kegiatan Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah ini salah satunya bertujuan untuk  menjaga semangat dan mempererat tali silaturahmi antar kolaborator yang peduli terhadap isu persampahan dari seluruh Indonesia,  Tujuan pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030 ialah peningkatan kualitas air dengan mengurangi polusi, menghilangkan pembuangan, dan meminimalkan pelepasan material dan bahan kimia berbahaya, mengurangi setengah proporsi air limbah yang tidak diolah, dan secara signifikan  meningkatkan daur ulang, serta penggunaan kembali barang daur ulang yang aman secara global.

Acara dibuka oleh Ir. Prasetyo M.Eng selaku Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman dan dihadiri oleh 500 Pegiat Persampahan dari 572 pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan jambore ini.  Dalam sambutannya Prasetyo menyatakan bahwa urusan sanitasi khususnya persampahan bukan hanya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, tetapi juga berkenaan dengan perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan dan isu persampahan. Salah satu aktor dari gerakan ini adalah para aktivis dari kalangan LSM dan komunitas yang peduli dengan isu persampahan.

Kegiatan utama dalam pelaksanaan Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah diantaranya talk show lintas pemangku kepentingan, community newsbreak, workshop lintas pakar, pembentukan forum komunikasi provinsi bebas sampah, orkestrasi digital, gala dinner, jelajah local champion dan kearifan lokal, serta malam kebudayaan.

Dengan adanya Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah ini diharapkan mampu mewujudkan terbangunnya kesadaran, lahirnya komitmen, dan tersusunnya rancangan program bagi terciptanya Indonesia yang bersih dan bebas sampah. (Subdit PE Dit. PPLP/Pub.IBM)

Print Berita