Foto : Kasubdit Perencanaan Teknis, Direktorat Pengembangan PLP, Ir. Prasetyo, M.Eng Membuka Acara Pelatihan Tugas STFL Dan TFL Program Sanimas IsDB Region I TA 2019


Pelatihan Tugas Tenaga Fasilitator Lapangan (STFL) Dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Dalama Program Sanimas IsDB Region I (Medan) Tahun Anggaran 2019

Pelayanan dan penyediaan sarana dan prasarana sanitasi yang layak dan berkelanjutan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat serta bentuk perlindungan lingkungan dari dampak pencemaran. Rencana  Pembangunan  Jangka  Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015 sampai dengan 2019 mengamanatkan program 100 – 0 – 100, yaitu pencapaian 100% akses aman air minum, bebas kumuh dan 100% akses sanitasi yang layak pada akhir tahun 2019.

Pada tahun 2006, sistem layanan air limbah skala komunal berbasis masyarakat, (SANIMAS) mulai dikembangkan sebagai salah satu program pembangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sistem ini merupakan bagian yang penting dalam pengembangan infrastruktur air limbah di Indonesia. Saat ini, lebih dari 10.000 sarana air limbah komunal telah dibangun di seluruh Indonesia, baik melalui pembiayaan APBN, DAK, USRI, maupun IsDB (Islamic Bank Development).

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 16 Agustus 2019 yang berlokasi di Ballroom Sudirman Hotel LePolonia, Medan – Sumatera Utara ini juga merupakan salah satu rangkaian upaya kita bersama dalam rangka memberikan pembekalan dan pemahaman kepada STFL maupun TFL mengenai mekanisme pelaksanaan dan strategi pengakhiran program Sanimas IsDB pada tahun 2019 ini.

Program Sanimas IsDB yang telah berjalan sejak tahun 2014 s/d 2019 ini, memiliki target sasaran pembangunan sebanyak 1.800 titik lokasi di 13 provinsi pada 58 Kabupaten/Kota. Pada tahun 2014 s/d 2017 jumlah Kab/Kota penerima program Sanimas IsDB ada sebanyak 52 Kab/Kota dan ditahun 2018 terdapat penambahan 6 Kab/Kota baru sehingga total penerima program Sanimas IsDB menjadi 58 Kabupaten/Kota. Diharapkan pula dengan bergabungnya Kota-kota baru penerima program Sanimas IsDB dapat memberikan percepatan pencapaian output.

Sehubungan dengan target pelaksanaan Sanimas IsDB saat ini, perlu diketahui dan menjadi perhatian bahwa pelaksanaan kegiatan Sanimas IsDB pada tahun anggaran 2019 ini adalah merupakan tahun terakhir pelaksanaan program.

Berdasarkan laporan data kemajuan pelaksanaan Program Sanimas IsDB Tahun Anggaran 2019 di wilayah Region I yaitu Povinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh, saat ini telah memasuki tahapan penyiapan Perjanjian Kerjasama dan pencairan dana tahap I. Adapun total pagu anggaran dana bantuan pemerintah di Wilayah Region I T.A 2019 adalah sebesar Rp65.407.500.000 (enam puluh lima milyar empat ratus tujuh juta lima ratus ribu rupiah) untuk alokasi anggaran 169 lokasi yang terdiri dari 148 lokasi baru dan 21 lokasi lanjutan, keseluruhan rencana pelaksanaan di 169 lokasi tersebut diatas tentunya harus dituntaskan pada tahun ini juga. Oleh karena itu perlu adanya suatu pemahaman yang sama terkait rencana kerja dan target-target capaian program

Salah satu bentuk dukungan untuk mempercepat pencapaian target Program yang dimaksud adalah dengan dilakukannya Kegiatan Peningkatan Kapasitas Senior Tenaga Fasilitator Lapangan dan Tenaga Fasilitator Lapangan (Senior TFL & TFL) Program Sanimas IsDB Region I untuk Provinsi Aceh dan Sumatera Utara Tahun Anggaran 2019 ini diikuti oleh 162 orang Peserta, terdiri dari 148 TFL dan 14 orang STFL.

Dalam sambutan Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Hidup, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR yang disampaikan oleh Kasubdit Perencanaan Teknis, Dit. PPLP, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Ir. Prasetyo, M.eng mengatakan bahwa “.. Pencapaian pelaksanaan Program Sanimas IsDB sejak tahun 2014 sampai akhir 2018, telah terealisasi di 1.156 titik lokasi. Masih ada sisa target pembangunan minimal di 644 titik lokasi yang perlu dicapai hingga akhir tahun 2019 mendatang. Meskipun demikian, target yang perlu dicapai dalam kurun waktu yang kurang dari 6 bulan berjalan tahun ini harus tetap memperhatikan kualitas didalam perencanaan, pelaksanaan, serta perlu dipastikan adanya kelembagaan dan kesinambungan pada saat paska program di tingkat masyarakat”.

Pada kesempatan ini turut mengundang PPK Pengembangan PLP, Satker Infrastruktur Berbasis Masyarakat; Kepala CPMU Sanimas IsDB; Team Leader dan Tenaga Ahli Konsultan Pendamping Region I; Para Pemandu serta seluruh peserta Peningkatan Kapasitas Senior Tenaga Fasilitator Lapangan dan Tenaga Fasilitator Lapangan (Senior TFL & TFL) Program Sanimas IsDB Region I. (Pub.IBM)

Print Berita