Foto : PPK Pengembangan PLP Satker IBM, Muhammad Iqbal Perkasa, ST., M.Sc Membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program Sanimas IsDB Region IV (Bandung) Tahun Anggaran 2019


Peningkatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program Sanimas IsDB Region IV (Bandung) Tahun Anggaran 2019

Satuan Kerja Infrastruktur Berbasis Masyarakat dan Central Project Management Unit (CPMU) bersama dengan Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Direktorat Jenderal Karya, Kementerian PUPR mengadakan acara Peningkatan Kapasitas TFL SANIMAS IsDB Region IV (Bandung) di Bandung, Selasa (6/08/2019)

Dalam rangka meningkatkan kapasitas TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan) sebagai pendamping masyarakat dalam pelaksanaan program ditingkat Kelurahan/Desa secara utuh mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan pembangunan sampai dengan kegiatan operasional dan pengelolaan sarana sanitasi yang dibangun maka perlu dibangun persepsi dan pemahaman yang sama diantara para pelaksana Program SANIMAS IsDB khususnya Senior TFL dan TFL dalam hal yang terkait dengan teknis pelaksanaan program, operasional dan pemeliharaan sarana sanitasi yang terbangun, evaluasi terhadap pencapaian program serta aspek kelembagaan dan pengembangan fungsi sarana ditingkat masyarakat.

Salah satu bentuk dukungan untuk mempercepat pencapaian target ini adalah dengan dilakukannya Kegiatan Peningkatan Kapasitas Senior Fasilitator dan Tenaga Fasilitator Lapangan ( STFL & TFL ), Program Sanimas IsDB Region IV untuk Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Barat dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas para pelaku program terutama para STFL (Senior Tenaga Fasilitator Lapangan) dan TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan) didalam menjalankan Tugas sebagai pendamping Program Sanimas IsDB.

Dalam sambutan Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Hidup, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR yang disampaikan oleh PPK Pengembangan PLP Satker IBM, Muhammad Iqbal Perkasa, ST., M.Sc, mengatakan bahwa “.. Pencapaian pelaksanaan Program Sanimas IsDB sejak tahun 2014 sampai akhir 2018, telah terealisasi di 1.156 titik lokasi. Masih ada sisa target pembangunan minimal di 644 titik lokasi yang perlu dicapai hingga akhir tahun 2019 mendatang. Meskipun demikian, target yang perlu dicapai dalam kurun waktu yang kurang dari 6 bulan berjalan tahun ini harus tetap memperhatikan kualitas didalam perencanaan, pelaksanaan, serta perlu dipastikan adanya kelembagaan dan kesinambungan pada saat paska program di tingkat masyarakat”.

Program Sanimas IsDB (Islamic Bank Development) yang telah berjalan sejak tahun 2014 s/d 2019 ini, memiliki target sasaran pembangunan sebanyak 1.800 titik lokasi di 13 propinsi pada 58 Kabupaten/Kota. Pada tahun 2014 s/d 2017 jumlah Kab/Kota penerima program Sanimas IsDB ada sebanyak 52 Kab/Kota dan ditahun 2018 terdapat penambahan 6 Kab/Kota baru sehingga total penerima program Sanimas IsDB menjadi 58 Kabupaten/Kota.

Sehubungan dengan target pelaksanaan Sanimas IsDB yang telah berjalan tersebut, perlu diketahui dan ditekankan bahwa pelaksanaan kegiatan Sanimas IsDB pada tahun anggaran 2019 ini adalah merupakan tahun terakhir pelaksanaan program. Pada kesempatan ini turut mengundang Kasatker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Jawa Barat, PPK Pengembangan PLP, Satker Infrastruktur Berbasis Masyarakat, Kepala CPMU Sanimas IsDB, Team Leader dan Tenaga Ahli Konsultan RPMC Region IV, serta para Pemandu serta seluruh peserta Peningkatan Kapasitas Senior Tenaga Fasilitator Lapangan dan Tenaga Fasilitator Lapangan (Senior TFL & TFL ) Program Sanimas IsDB Region IV.

Print Berita