Foto : Foto Bersama Pada Konsolidasi Dokumen Perencanaan Usulan Kegiatan TA 2020 Bidang Air Limbah, Persampahan, Dan Drainase Lingkungan Wilayah Timur


Direktorat Pengembangan PLP Gelar Konsolidasi Dokumen Perencanaan Usulan Kegiatan TA 2020 Bidang Air Limbah, Persampahan, Dan Drainase Lingkungan Wilayah Timur

Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) menyelenggarakan acara Konsolidasi Dokumen Perencanaan Usulan Kegiatan TA 2020 Bidang Air Limbah, Persampahan, dan Drainase Lingkungan Wilayah Timur yang bertempat di Hotel Four Point Kota Makassar pada tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2019. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 19 Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Timur dan BPPW DKI Jakarta. Acara dibuka oleh Kepala Subdirektorat Perencanaan Teknis, Bapak Ir. Prasetyo, M.Eng mewakili Direktur PPLP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa melalui pemeriksaan kembali terhadap kesiapan pelaksanaan, terutama terkait kualitas DED bagi kegiatan yang akan dilaksanakan TA 2020, diharapkan infrastruktur dapat berfungsi sesuai dengan rencana pelayanan serta durasi waktu perencanaan yang sudah ditetapkan sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal.

Kegiatan Konsolidasi Dokumen Perencanaan Usulan Kegiatan TA 2020 Bidang Air Limbah, Persampahan, dan Drainase Lingkungan ini diadakan dalam rangka pembahasan secara menyeluruh terhadap dokumen readiness criteria dan dokumen perencanaan berupa Detail Engineering Design (DED) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari masing-masing kegiatan yang diusulkan untuk Tahun Anggaran 2020. Tujuan dari pengecekan tersebut adalah untuk mewujudkan pembangunan sanitasi berkualitas yang dimulai dari kesiapan dan kualitas pada tahap perencanaan.

Berdasarkan hasil pembahasan, terdapat beberapa perencanaan kegiatan bidang air limbah, persampahan, dan drainase lingkungan yang masih perlu perbaikan dokumen perencanaan dan melengkapi readiness criteria yang dipersyaratkan. Hal yang mendasar terkait ketersediaan lahan perlu dipastikan apakah lahan yang diusulkan benar-benar sudah bersertifikat serta serta sudah memiliki surat pelepasan adat terutama untuk wilayah Papua dan Papua Barat. Terdapat beberapa usulan kegiatan yang belum merupakan prioritas atau belum siap sehingga disarankan kegiatan tersebut tidak dilaksanakan dalam TA 2020.

Setelah penyelenggaraan kegiatan ini, masing-masing BPPW akan melakukan perbaikan desain dan kelengkapan readiness criteria dari usulan kegiatan TA 2020. Hasil dari perbaikan tersebut akan dibahas dalam acara Konsolidasi Tahap II nantinya. (Nastiti)

Print Berita