Pemantauan Dan Evaluasi Infrastruktur Bidang PLP

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya Pemantauan dan Evaluasi Infrastrukttur Bidang PLP pada dalam rangka rangka uji coba pedoman pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pengembangan sistem pengelolaan air limbah domestik, sistem pengelolaan persampahan, dan drainase lingkungan, Direktorat Pengembangan PLP menyelenggarakan rapat pembahasan Laporan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Infrastruktur Bidang PLP pada tanggal 30 Juli 2019 di Ruang Rapat Direktorat Pengembangan PLP. Rapat ini dipimpin oleh Ir. Dodi Krispratmadi, M.Env.E selaku Direktur Pengembangan PLP dan dihadiri oleh perwakilan dari Subdirektorat Perencanaan Teknis, Subdirektorat Pengelolaan Air Limbah Domestik, Subdirektorat Pengelolaan Persampahan dan Drainase Lingkungan, Subdirektorat Pemantauan dan Evaluasi, Subdirektorat Standardisasi dan Kelembagaan, dan Subbag Tata Usaha.

Pada diskusi tersebut, Sarwono Rochmat selaku Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi memaparkan metode pelaksanaan pemantauan dan evaluasi yakni menyampaikan surat pemberitahuan ke Balai PPW beserta form isian survei, entry meeting (melakukan diskusi dengan balai PPW terhadap form isian survei dan jadwal kunjungan lapangan), melakukan inspeksi lapangan dan interview dengan Balai PPW serta Dinas/Instansi terkait, serta exit meeting (penyampaian hasil monitoring dan penandatanganan berita acara).

Pemantauan dan evaluasi dilakukan pada semua tahapan kegiatan yaitu dari perencanaan (ex-ante), pelaksanaan (on-going), dan pasca konstruksi (ex-ante). Untuk pemantauan dan evaluasi tahap I dilaksanakan di Provinsi Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Sulawesi Tenggara, NTT, dan Maluku Utara. Rata-rata hasil penilaian untuk kegiatan perencanaan yaitu paket siap untuk dilaksanakan tetapi perlu upaya melengkapi persyaratan lainnya. Untuk kegiatan pelaksanaan yaitu hasilnya pelaksanaan kegiatan berjalan baik  sedangkan untuk kegiatan pasca konstruksi yaitu kurang memuaskan karena banyak infrastruktur yang sudah terbangun tapi tidak dikelola dengan baik.

Keluaran dari kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam menyusun tools pemantauan dan evaluasi di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya khususnya Direktorat Pengembangan PLP.  (Mitria Widianingtias/Subdit Pemantauan dan Evaluasi Dit. PPLP)