Foto : Kegiatan Foto Bersama Pada Kegiatan Serah Terima Aset Barang Milik Negara Dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Ke Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan


Serah Terima Aset Barang Milik Negara Dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Ke Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Senilai Rp. 206,8 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan Serah Terima Aset Barang Milik Negara senilai lebih dari Rp. 206,8 Miliar. Aset Barang Milik Negara sejumlah 74 paket pekerjaan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan 12 Kabupaten/Kota di Wilayah Kalimantan Selatan.

Proses serah terima yang dilaksanakan di Ruang Rapat Direktorat Jenderal Cipta Karya pada tanggal 11 Juli 2019 dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara, Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Wakil Bupati Kabupaten Tabalong, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Banjarmasin, serta Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan.

Acara serah terima ini dipimpin oleh Bapak Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya, Ir. T. Iskandar, M.T yang mewakili Direktur Jenderal Cipta Karya, dilanjutkan pemaparan aset-aset yang akan diserahterimakan oleh Bapak. M. Rizat Abidin, S.T, M.T, M.Sc selaku Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan.

Khusus untuk Aset BMN pada Sektor PLP yang diserahterimakan sebanyak 21 Paket dengan total Nilai perolehan sebesar Rp. 39,9 miliar yang terbagi di 3 sektor yaitu, sektor air limbah, persampahan dan drainase. Pada Sektor Air Limbah diserahkan aset berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik berjumlah 6 unit yang terdapat di Kabupaten Balangan, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin dengan nilai sebesar Rp. 23 M. Pada Sektor Persampahan diserahkan aset berupa Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) berjumlah 3 unit di Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan nilai sebesar Rp. 10,7 M, Sedangkan pada Sektor Drainase telah diserahkan aset berupa Saluran Drainase kepada Kabupaten Kota Banjarbaru dengan nilai total Rp. 6,2 M.

Dalam acara tersebut disampaikan bahwa dengan diserahterimakan aset-aset tersebut, diharapkan bahwa prasarana dan sarana yang telah dibangun oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya khususnya Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman dapat dioperasikan dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.  

Print Berita