Foto : Foto Bersama Pada Kegiatan Pedoman Pemantauan Dan Evaluasi Bidang PLP Sebagai Langkah Awal Pemantauan Dan Evaluasi


Pedoman Pemantauan Dan Evaluasi Bidang PLP Sebagai Langkah Awal Pemantauan Dan Evaluasi

Dalam rangka peningkatan kinerja pembangunan infrastruktur pada sektor pengelolaan air limbah domestik, persampahan, dan drainase lingkungan maka perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi yang digunakan untuk mengukur kinerja unit organisasi dan rekomendasi penyusunan program dan kebijakan yang akan datang. Untuk mendukung hal tersebut, Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman menyelenggarakan FGD I Penyusunan Pedoman Pemantauan dan Evaluasi Prasarana Keciptakaryaan yang dilaksanakan di Hotel Veranda pada tanggal 1 – 2 Juli 2019. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memetakan tugas pokok dan fungsi setiap Subdit di Lingkungan Direktorat Pengembangan PLP dalam rangka pemantauan dan evaluasi, mengidentifikasi indikator, parameter, dan form isian pemantauan dan evaluasi, serta menyusun mekanisme pemantauan dan evaluasi.

Acara dibuka oleh Ir. Dodi Krispratmadi, M.Env.E selaku Direktur Pengembangan PLP dan dihadiri oleh perwakilan Subdit di lingkungan Dit. Pengembangan PLP, Subdit Keterpaduan Pelaksanaan, Dit. KIP, Subdit Perencanaan, Dit. Sungai dan Pantai, Ditjen SDA dan Seksi Pelaksanaan Balai Prasarana Permukiman Wilayah DKI Jakarta, DIY, dan Jawa Barat, Kasubbag Tata Usaha Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, serta pemerhati bidang PLP. Dalam sambutannya, Dodi menyampaikan bahwa keberhasilan suatu program dapat dilihat dari kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaannya, terukur atau akuntabel hasilnya, serta ada keberlanjutan aktivitas yang merupakan dampak dari program itu sendiri. Melalui kegiatan pemantauan dan evaluasi maka keberhasilan, dampak dan kendala pelaksanaan suatu program dapat diketahui. Selain itu pemantauan dan evaluasi juga merupakan bagian dari upaya pengendalian management resiko (risk management). Hal ini sejalan dengan unor Direktorat Jenderal Cipta Karya sebagai 2nd line defense pada Unit Kepatuhan Internal (UKI).

Pada hari pertama disampaikan pemaparan dari Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Pengembangan PLP mengenai Tugas Pokok dan Fungsi Subdit di Direktorat Pengembangan PLP, pemaparan dari Kasubdit Keterpaduan Pelaksanaan Direktorat KIP mengenai Mekanisme Pemantauan Keterpaduan Pelaksanaan Infrastruktur Permukiman Bidang Keciptakaryaan, dan diskusi mengenai Pemetaan Tugas Pokok dan Fungsi Direktorat PPLP dan Mekanisme Pemantauan dan Evaluasi. Pada hari kedua dilakukan diskusi mengenai Indikator Pemantauan dan Evaluasi Bidang PLP dan Form Isian Pemantauan dan Evaluasi.

Dalam diskusi ini disampaikan bahwa indikator pemantauan dan evaluasi pada level Direktorat dan Balai perlu dibedakan agar tidak terjadi tumpeng tindih. Indikator pemantauan dan metode evaluasi yang akan disusun pada Pedoman Pemantauan dan Evaluasi Bidang PLP diharapkan dapat menjadi alat dalam melaksanakan pemantauan dan evaluasi bidang PLP di lingkungan Direktorat PLP serta menjadi platform pemantauan dan evaluasi untuk Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Print Berita