Direktorat Pengembangan PLP Selenggarakan Kick Off Meeting Kegiatan Penilaian Kinerja Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Air Limbah Domestik TA. 2019

Sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan air limbah domestik kepada masyarakat, Direktorat Pengembangan PLP menyelenggarakan Kegiatan Penilaian Kinerja UPTD Pengelola Air Limbah Domestik dalam rangka Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pengelola Air Limbah Domestik TA. 2019 pada tanggal 25 – 26 Juni 2019 di Hotel Ambhara. Kegiatan Penilaian Kinerja diawali dengan acara Kick-off Meeting yang bertujuan untuk melakukan persamaan persepsi kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan pengelola air limbah domestik serta mengidentifikasi kondisi eksisting termasuk isu dan permasalahan UPTD di seluruh Indonesia. Selain itu, Kick-off Meeting juga diharapkan dapat menjadi media pembelajaran dan wadah untuk saling mengenal dan diskusi antar UPTD sehingga selanjutnya dapat saling mendukung dan berbagi informasi maupun pengalaman dalam melaksanakan pengelolaan air limbah domestik.

Kegiatan Kick-off Meeting ini dibuka oleh Dodi Krispratmadi M.Env.E selaku Direktur Pengembangan PLP. Dalam pengarahan pada acara pembukaan, Dodi menyampaikan bahwa penilaian kinerja UPTD bukan bertujuan untuk mempertandingkan UPTD mana yang lebih baik dari yang lainnya, melainkan untuk dapat melihat  kondisi UPTD saat ini dan mengidentifikasi hal-hal yang dibutuhkan oleh UPTD untuk meningkatkan kinerjanya.  

Pada kegiatan ini juga disampaikan materi dari Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Makmur Marbun, mengenai UPTD sebagai penyelenggara layanan air limbah domestik di Indonesia. Dalam pemaparannya, Makmur menyampaikan bahwa keberhasilan pencapaian tujuan otonomi daerah sangat ditentukan oleh Kepala Daerah, DPRD, beserta perangkat daerah dan ASN pada perangkat daerah.

Kegiatan Kick-off Meeting dihadiri oleh 52 UPTD Pengelola Air Limbah Domestik Kab/Kota di Indonesia, Tim IUWASH PLUS, dan perwakilan Direktorat Pengembangan PLP. Penilaian kinerja UPTD Pengelola Air Limbah Domestik dilaksanakan melalui mekanisme self-assessment di mana masing-masing UPTD Pengelola Air Limbah domestik menyampaikan hasil Form Isian Penilaian Kinerja berdasarkan data dukung resmi yang dimiliki. Data isian tersebut diharapkan dapat menggambarkan kinerja dan kelengkapan dokumen administrasi yang dimiliki UPTD sehingga ke depannya dapat disusun strategi, rencana tindak lanjut, dan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan UPTD untuk meningkatkan pelayanan pengelolaan air limbah domestik.

 

Teks: Indah Alfira, Gita Prima R, Puji Setiyowati.

Foto: Tim Subdit Standardisasi dan Kelembagaan, Dit. PPLP