Kunjungan Kerja DPRD Kota Bitung Dalam Rangka Konsultansi Peraturan Daerah Kota Bitung Tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik

Pada tanggal 14 Juni 2019, Tim Pansus II DPRD Kota Bitung melakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal Cipta Karya dalam rangka konsultansi Peraturan Daerah Kota Bitung tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik. Tim Pansus II diterima oleh Kepala Seksi Standardisasi, Dadang Suryana serta Kasi Pengelolaan Air Limbah Domestik Wilayah II, Evry B. Meliala dari Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman.

Ketua Tim Pansus II, Keegan Kojoh menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tim Pansus II ini adalah untuk berkonsultansi mengenai rencana perubahan terhadap Peraturan Daerah Kota Bitung Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik dan usulan penambahan klausul mengenai Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT). Dalam tanggapannya, Dadang menyampaikan bahwa pada Perda Kota Bitung Nomor 9 Tahun 2016 sebelumnya sudah terdapat materi mengenai penyedotan lumpur tinja, namun memang belum secara spesifik menyebutkan mengenai LLTT. Selain itu, ditambahkan pula bahwa mengingat telah adanya Peraturan Menteri PUPR Nomor 04/PRT/M/2017 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik serta Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal, maka perlu dijadikan pertimbangan sebagai dasar peraturan dan pengaturan pada perubahan perda nantinya.  

Sebelumnya Kota Bitung telah mendapatkan pendampingan dari Direktorat Pengembangan PLP mengenai optimalisasi pelayanan lumpur tinja dan penyiapan Penerapan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) pada tahun 2017 dan 2018. Kota Bitung telah memiliki IPLT Aertembaga yang dibangun tahun 2014 dan memiliki kapasitas 25 m3/hari. Saat ini IPLT dikelola oleh UPTD Pengolahan Air Limbah Domestik Kota Bitung yang berada di bawah koordinasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Bitung.

 ------

Teks: Niken Sri Hartiwi dan Gita Prima R.
Foto: Gita Prima R.