Foto : Foto Bersama Pada Penyusunan Pedoman Tata Cara Konstruksi Bangunan Pengolahan Air Limbah Domestik


Direktorat PPLP Menyusun Pedoman Tata Cara Konstruksi Bangunan Pengolahan Air Limbah Domestik

Direktorat Pengembangan PLP mengadakan FGD I Penyusunan Pedoman Tata Cara Konstruksi Bangunan Pengolahan Air Limbah Domestik yang diadakan di Serpong pada tanggal 21-22 Mei 2019. Pedoman ini diperlukan sebagai dasar rujukan pelaksanaan setiap komponen kegiatan penyelenggaraan infrastruktur bidang PLP yang meliputi perencanaan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan, rehabilitasi, serta pemantauan dan evaluasi, di mana saat ini belum tersedia rujukan teknis untuk tata cara konstruksi prasarana dan sarana bidang PLP khususnya bangunan pengolahan air limbah domestik.

Maksud dari diadakannya FGD ini adalah untuk menyusun pedoman teknis sebagai acuan pelaksanaan konstruksi yang andal serta memenuhi kaidah pengelolaan air limbah domestik, mulai dari tahap persiapan konstruksi, pelaksanaan konstruksi, dan uji coba sistem (commissioning test), yang sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Diharapkan nantinya dengan adanya pedoman ini, dapat melengkapi NSPK penyelenggaraan infrastruktur bidang PLP pada tahapan pekerjaan konstruksi infrastruktur air limbah domestik.

Acara dibuka oleh Ibu Marsaulina Pasaribu selaku Kasubdit Standardisasi dan Kelembagaan Direktorat Pengembangan PLP. Berbagai narasumber yang berpengalaman di bidang air limbah domestik turut diundang dan hadir pada acara ini, di antaranya adalah Pak M. Sjukrul Amien (poemerhati air limbah domestik), I Gusti Ketut Subrata Sastama (praktisi konstruksi bangunan air limbah), Dibyo Saputro (Kasi Pelaksanaan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi DIY) dan Evry Biaktama (Kasi Pengelolaan Air Limbah Diomestik II).

Pada tahapan FGD I ini baru dilakukan penyusunan kerangka pedoman tata cara konstruksi bangunan pengolahan air limbah domestik. Diharapkan dengan tersusunnya kerangka ini, materi-materi utama yang diharapkan ada dalam buku pedoman dapat terbentuk.

 

Teks oleh: Gita Prima R, JFT TPL Pertama papda Subdit Standardisasi dan Kelembagaan, Dit. PPLP.
Dokumentasi: Subdit Standardisasi dan Kelembagaan Dit. PPLP

Print Berita