Kick Off Meeting Dan Pembahasan SIM Pemantauan Dan Evaluasi TA 2019

Dalam rangka pelaksanaan tugas pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pengembangan sistem pengelolaan air limbah domestik, sistem pengelolaan persampahan, dan drainase lingkungan, Subdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman mengadakan Kick Off Meeting dan Pembahasan SIM Pemantauan dan Evaluasi TA 2019, Jumat (03/05) di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tujuan dari Kick Off Meeting dan Pembahasan SIM Pemantauan dan Evaluasi TA 2019 adalah sebagai berikut:

  • Memaparkan tugas dan fungsi Subdit Pemantauan dan Evaluasi;
  • Melakukan pembahasan kegiatan TA 2019 dan rencana jadwal kegiatan Subdit Pemantauan dan Evaluasi Dit. PPLP;
  • Melakukan pembahasan SIM Pemantauan dan Evaluasi TA 2019 Dit. PPLP.
Acara dibuka oleh Bapak Sarwono Rochmat, ST, MT selaku Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman mewakili Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja pembangunan infrastruktur pada sektor pengelolaan air limbah domestik, persampahan, dan drainase perlu adanya pemantauan dan evaluasi pada tiap sektor yang digunakan sebagai masukan bagi penyusunan laporan kinerja unit organisasi dan rekomendasi untuk penyusunan program dan kebijakan yang akan datang.

Untuk mendukung hal tersebut, pada tahun 2019 Subdit Pemantauan dan Evaluasi akan menyusun Buku Pedoman Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik, Sistem Pengelolaan Persampahan, dan Drainase Lingkungan serta pengembangan SI-INSAN (Sistem Informasi Infrastruktur Sanitasi) dengan fokus pada modul pemantauan dan evaluasi drainase lingkungan.

Narasumber pada acara ini adalah Ir. M. Sjukrul Amien, MM (Praktisi Sanitasi), Ir. Joerni Makmoerniati, M.Sc (Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat KIP), Arindita Dessi Permatasari, ST, M.Sc (Kasi Perencanaan Persampahan dan Drainase Lingkungan Direktorat PPLP), dan Dr. Irwan Sembiring. Sedangkan peserta yang hadir terdiri dari Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman.

Dari hasil diskusi banyak sekali masukan dari peserta terkait indikator-indikator yang akan dimasukkan ke dalam Pedoman dan SI-INSAN. Diharapkan dengan adanya pedoman Pemantauan dan Evaluasi dapat dijadikan pegangan bagi stakeholder terkait untuk melakukan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pengembangan sistem pengelolaanair limbah domestik, sistem pengelolaan persampahan, dan drainase lingkungan. Sedangkan SI-INSAN  dapat memudahkan pemantauan dan evaluasi kegiatan di lapangan dan dapat digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan. (rilha/subditpeplp)