Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Hari Bakti PU Ke-73 Dan HUT Dharma Wanita Persatuan Tahun 2018 Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat

Palangka Raya - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Hari Bakti PU KE-73 dan HUT Dharma Wanita Persatuan Tahun 2018 di Drainase Kota Palangka Raya Jl.Hiu Putih, Kel.Bukit Tunggal, Kec.Jekan Raya, Senin (17/12). Penanaman pohon dilakukan diantaranya oleh Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Ikhwansyah selaku Perwakilan dari Pemerintah Daerah Kota Palangka Raya, Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, Edward Abdurachman mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Perwakilan Kepala Balai PJN XI Koordinator Cipta Karya, Seluruh SNVT Cipta Karya Provinsi Kalimantan Tengah yang berada dibawah Kementerian PUPR.

"Seperti yang diketahui bahwa dunia sudah semakin panas kita telah merasakan bahwa sinar matahari semakin terik dan pada malam hari semakin dingin. Sehingga dunia menjadi menderita, banyak oleh tangan-tangan manusia yang mengakibatkan rusaknya ekosistem alam, seperti illegal logging yang dampaknya sangat besar, merusak hutan mengakibatkan menurunya atau bahwa hilangnya fungsi hutan sebagai penyimpanan air, sebagai pengendali air yang dapat mencegah banjir dan tanah longsor dan dampak yang sangat menyakitkan yang sering kita rasakan. Pada musim-musim tertentu kebakaran hutan dan lahan sering terjadi ini adalah salah satu mengakibatkan hutan yang kita lindungi semakin punah, sehingga menghilangkan keanekaragaman hayati, berkurangnya kualitas dan kuantitas ekosistem alam dan bisa mengakibatkan kepunahan satwa alam hutan Indonesia. Banyak sekali manfaat penanaman pohon bagi kehidupan manusia apalagi sekarang lagi masalah global worning jadi jalan satu-satunya penanaman pohon, penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global”. “Mari kita cintai lingkungan hidup, kita lestarikan lingkungan, stop illegal logging, mari kita menjaga bumi kita dimulai dengan menjaga penghijauan yang ada disekitar kita”. Tutup Ikhwansyah

“Semoga upaya kita ini memberikan manfaat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta mendukung Program Nawacita Pemerintah” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Edward Abdurachman. 

Pada acara ini juga turut dihadiri oleh seluruh Kepala Satuan Kerja Ditjen Cipta Karya Provinsi Kalimantan Tengah diantaranya Kepala Satuan Kerja PS-PLP Provinsi Kalimantan Tengah M. Rizat Abidin, ST., MT., M.Sc. beserta seluruh jajarannya untuk melakukan penanaman pohon. Diharapkan tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan  subur,  dengan tumbuhnya pohon-pohon ini akan menciptakan suasana lingkungan yang sejuk dan nyaman serta mampu menjaga air di dalam tanah dan menghambat laju perubahan iklim.