Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Dalam Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD), Hari Perumahan Nasional Dan Gerakan Indonesia Bersih 2018

Palangka Raya, Senin 01-10-2018, dalam rangkaian Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD), Hari Perumahan Nasional dan Gerakan Indonesia Bersih 2018 di Kota Palangka Raya, Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Cipta Karya dan Pemerintah Kota Palangka Raya mengadakan Peresmian Pembangunan Pemanen Air Hujan dan Biopori Serta Kegiatan Bersih Sungai di Drainase Primer sebagai upaya menjaga dan memelihara lingkungan sekitar.

Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Palangka Raya yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Ikhwansyah S.Sos, M.AP. Ikhwansyah S.Sos, M.AP mengatakan apa yang telah dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui  Ditjen Sumber Daya Air dan Ditjen Cipta Karya, memang terlihat sederhana namun apabila kita terapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari hal ini akan memberikan dampak yang sangat positif dalam upaya menjaga kelestarian alam. Semoga kegiatan serupa dapat diikuti oleh instansi pemerintah, swasta, kelompok masyarakat dan yang lainnya, artinya di dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran drainase tidak semata-mata mengharapkan peran dari pemerintah, mengingat terbatasnya sumber pendanaan pemerintah.

“Melalui Kegiatan ini , saya mengajak semua yang hadir di sini untuk turut serta menjaga kelestarian alam demi terjaga dan terpeliharanya sumber air di bumi mulai dari diri kita dengan hal yang paling sederhana yaitu tidak membuang sampah secara sembarangan dan mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan kita. Kita dapat melihat sekarang banyak kota besar di dunia yang terancam kekurangan bahkan kehabisan persediaan air bersih, dan tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi di tempat kita”. Ungkap Ikhwansyah S.Sos, M.AP

Pada hari ini juga dilakukan serentak peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2018 juga diadakan Gerakan Indonesia Bersih yang dilaksanakan serentak di 415 kabupaten dan 93 kota di Indonesia. Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD), Hari Perumahan  Nasional  dan Gerakan Indonesia Bersih 2018 ini diikuti oleh Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Perwakilan OPD di Prov. Kalteng, Perwakilan OPD di Kota Palangka Raya, Satker Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, PPK dan staf Prov. Kalteng, Satker Cipta Karya, PPK dan staf, Tim Pelaksana GN-KPA Prov. Kalteng, Komunitas Pecinta Lingkungan, Pelajar dan Masyarakat.