Peningkatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan Untuk IDB Lebih Baik

Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Permukiman Berbasis Masyarakat (PLP-BM) dan Central Project Management Unit (CPMU) bersama dengan Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada tanggal 01-07 Juli 2018, mengadakan acara Peningkatan Kapasitas TFL Sanimas IDB TA. 2018 Gelombang II, di Medan, Palembang, dan Tangerang Selatan.

Acara ini dilaksanakan di tiga daerah. Daerah pertama yaitu di Medan untuk Regional 1, daerah kedua Palembang untuk Regional 3 dan daerah ketiga Tangerang Selatan untuk Regional 4. Acara ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman kepada calon TFL tentang konsep dasar pemberdayaan dan pemicuan masyarakat untuk sadar sanitasi dan praktek prilaku hidup bersih dan sehat, Meningkatkan pemahaman calon TFL tentang tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pasca pelaksanaan Program Sanimas IDB, Meningkatnya pemahaman calon TFL akan pentingnya Operasi dan Pemeliharaan sarana terbangun agar dapat beroperasi secara berkesinambungan serta tata cara evaluasi terhadap pelaksanaan program Sanimas IDB, dan kemajuan pelaksanaan kegiatan.

Pada acara ini pembukaan di Medan dilakukan oleh Bapak Komang Raka sebagai Kasatker PLP BM, selanjutnya pembukaan di Palembang dilakukan oleh Suhaeniti, Wakil CPMU, dan Pembukaan di Tangerang Selatan dilaksanakan Bapak Dodi Krispratmadi, Direktur PPLP. Pada ketiga sambutan tersebut secara garis besar membahas “Melalui pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Sanimas IDB TA 2018 ini, kami harapkan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan kedepannya dapat menjadi TFL yang handal di lapangan, sehingga membawa keberhasilan menyeluruh bagi program Sanimas IDB sebagai usaha untuk mempercepat pemenuhan akses dan peningkatan layanan sanitasi yang layak kepada masyarakat”

Pada acara kali ini turut mengundang, CPMU, RPMC 1,3 dan 4, dan para praktisi serta narasumber dalam bidang sanitasi. (TimPub.PLPBM)