Foto : Bapak Dodi Krispatmadi Selaku Direktur PPLP Ditjen Cipta Karya Membuka Acara Penyuksesan Program Sanimas IDB Di Jakarta


Penyuksesan Program Sanimas IDB Dengan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan

Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Permukiman Berbasis Masyarakat (PLP-BM) dan Central Project Management Unit (CPMU) bersama dengan Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada tanggal 03-09 Juni 2018, mengadakan acara Peningkatan Kapasitas TFL Sanimas IDB TA. 2018 Gelombang I, di Padang, Jakarta, dan Bogor.

Acara ini dilaksanakan di tiga daerah. Daerah pertama yaitu di Padang untuk Regional 2 (Sumatera Barat, Jambi, dan Riau), daerah kedua Jakarta untuk Regional 3 (Bengkulu, Bangka Belitung, dan Lampung) dan daerah Bogor untuk Regional 4 (Jawa Barat). Acara ini bertujuan untuk Menyeleksi Calon TFL yang memiliki komitmen tinggi serta berkompetensi terhadap bidang berbasis masyarakat khususnya sanitasi, Menyiapkan/membekali Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dengan pengetahuan dan keterampilan teknis pelaksanaan kegiatan pendampingan Program Sanimas IDB dari tahap persiapan dan perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembangunan, perbaikan/ penyelesaian masalah sanitasi/daerah rawan sanitasi di lokasi sasaran secara partisipatif, Mensosialisasikan dan penyebaran informasi mengenai kegiatan Sanimas IDB dan kampanye sanitasi terkait perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), memberdayaan masyarakat terhadap kemampuan diri dalam menyelesaikan permasalahan masalah sanitasi melalui tahap persiapan, tahap perencanaan, untuk kemudian dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana sanitasi, keberlanjutan kegiatan dan monitoring serta evaluasi program.

Pada acara ini pembukaan di Padang dilakukan oleh Bapak Prasetyo sebagai Kasubdit Perencanaan Teknis Dit. PPLP, selanjutnya pembukaan di Jakarta dilakukan oleh Direktur Pengembangan PLP, Bapak Dodi Krispratmadi, dan Pembukaan di Bogor dilaksanakan oleh Bapak Evri B.M, Kasie II Subdit Pengelolaan Air Limbah. Pada ketiga sambutan tersebut secara garis besar membahas “setelah kegiatan Peningkatan Kapasitas TFL Sanimas IDB ini diharapkan para peserta dapat menjadi TFL-TFL yang handal, berkualitas, dan mampu serta terampil memfasilitasi masyarakat di lokasi-lokasi sasaran penerima Program Sanimas IDB.”

Pada acara kali ini turut mengundang, Kasubdit Perencana Teknis, Kasie 2 Subdit Pengelolaan Air limbah PPLP, CPMU, RPMC 2,3 dan 4, dan para praktisi serta narasumber dalam bidang sanitasi. (TimPub. PLPBM)

Print Berita