Foto : Foto Suasana Kegiatan Kickoff Meeting Penguatan Kelembagaan Pengelola Dan Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pengaturan Air Limbah Domestik TA. 2018


Direktorat PPLP Selenggarakan Kickoff Meeting Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pengelola Air Limbah Domestik Dan Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pengaturan Air Limbah Domestik TA. 2018

Dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten/Kota agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik pengolahan air limbah domestik yang diberikan kepada masyarakat, Direktorat PPLP mendorong pemerintah daerah membentuk UPTD pengelola air limbah domestikserta menyusun payung hukum penyelengaraan pengelolaan air limbah domestik melalui Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pengelola Air Limbah Domestik Dan Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pengaturan Air Limbah Domestik. Kegiatan ini diawali dengan tahapan acara kickoff meeting yang dilaksanakan mulai tanggal 11 April s.d 13 April 2018 di Jakarta.

Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pengelola Air Limbah Domestik dan Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Pengaturan Air Limbah Domestik merupakan bagian dari tugas Direktorat PPLP dalam pembinaan kelembagaan dan pemberian bimbingan penyusunan peraturan. Pada tahun 2018 ini terdapat 9 kabupaten/kota yaitu Kab. Musi Banyuasin, Kota Tasikmalaya, Kota Tangerang, Kab. Sumenep, Kab. Balangan, Kota Samarinda, Kab. Sumbawa Barat, Kota Kendari dan Kab. Gorontalo Utara yang didampingi pembentukan UPTD, serta terdapat 10 kabupaten/kota yaitu Kota Langsa, Kab. Bangka Tengah, Kab. Musi Banyuasin, Kota Metro, Kota Sukabumi, Kab. Boyolali, Kab. Ponorogo, Kab. Gorontalo Utara, Kab. Sigi, dan Kota Jayapura yang didampingi penyusunan ranperda pengelolaan air limbah domestik.

Dalam arahannya, Direktur Pengembangan PLP menekankan pentingnya pengaturan dan kelembagaan dalam Penyelengaraan SPALD (Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik) untuk menjamin agar masyarakat mendapatkan pelayanan air limbah domestik sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal. Sub urusan air limbah menjadi salah satu substansi Pelayanan Dasar pada Urusan Pemerintahan Pekerjaan Umum yang ditetapkan sebagai SPM dalam PP No. 2 Tahun 2018 Tentang SPM, untuk itu penyelenggara Pemerintahan Daerah harus memprioritaskan pelaksanaan sub urusan air limbah.

Adapun peserta yang diundang pada acara kickoff meting ini terdiri dari: Dinas Pengusul UPTD Air Limbah Domestik, beserta Bagian Organisasi Setda Kab/Kota, Dinas Pemrakarsa Ranperda Pengelolaan Air Limbah, beserta Bagian Hukum Setda Kab/Kota, Satker PSPLP Provinsi dan Tenaga Ahli. Acara ini mengundang juga narasumber dari Dirjen Otonomi Daerah serta Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Pada hari kedua penyelenggaraan kickoff meeting dilakukan pemisahan kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan pengelola air limbah domestik dan penguatan kapasitas pemda dalam pengaturan air limbah domestik. Dimana pada hari kedua dilakukan pula kunjungan lapangan ke IPLT Sumur Batu Kota Bekasi yang dikelola oleh UPTD Pengelola Air Limbah Domestik Kota Bekasi untuk kegiatan penguatan kelembagaan pengelola air limbah domestik. Sementara untuk kedua kegiatan yaitu penguatan kelembagaan pengelola air limbah domestik dan penguatan kapasitas pemda dalam pengaturan air limbah domestik sampai hari ketiga kickoff meeting dilakukan pembekalan penyusunan kajian akademis pembentukan UPTD air limbah domestik serta naskah akademik ranperda air limbah domestik bagi para tenaga ahli di satker PSPLP provinsi dalam rangka pendampingan kelembagaan dan penyusunan ranperda kepada pemerintah daerah.

Print Berita