Kementerian PU Serahkan DSDP Tahap I Kepada Pemerintah Provinsi Bali

Kamis (26/6) bertempat di Ruang Auditorium Lantai 17 Kementerian Pekerjaan Umum, dilaksanakan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara dari Kementerian Pekerjaan Umum kepada Pemerintah Daerah. Barang Milik Negara yang dihibahkan merupakan asset-aset bidang permukiman yang salah satunya adalah Denpasar Sewerage Development Program (DSDP) Tahap I, yang dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Bali.

DSCF3214

DSDP tahap I merupakan asset infrastruktur bidang ke-PLP-an senilai Rp. 435 miliar yang mulai dibangun tahun 2004 dan dilanjutkan pada tahun 2007 dan 2008. DSDP tahap I memberikan pelayanan pada area-area di Kota Denpasar seluas 520 Ha, Sanur seluas 330 Ha dan Kuta seluas 295 Ha. DSDP tahap I telah mampu melayani 103.300 jiwa penduduk dengan total panjang pipa 125 km. Untuk menambah cakupan pelayanan air limbah perpipaan terpusat, DSDP dilanjutkan dengan Tahap II yang direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2014 ini. Pekerjaan DSDP Tahap II meliputi pemasangan pipa induk, pemasangan pipa sekunder/tersier, penyambungan rumah dan penyediaan peralatan pemeliharaan.

DSCF3201

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PU Agoes Widjanarko, Kepala Dinas PU Provinsi Bali I Nyoman Astawa Riadi mewakili Gubernur Bali, Direktur Jenderal Cipta Karya Imam S. Ernawi dan para pejabat di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Agoes menekankan pentingnya operasional dan pemeliharaan (OP) infrastruktur  yang telah diserahkan. Beliau juga berharap pemeliharaan dan pengelolaan asset akan menjadi lebih mudah sehingga pemanfaatannya dapat maksimal.  Setelah diserahkannya asset tersebut, pemerintah provinsi/kabupaten/kota berkewajiban untuk mencatat asset tersebut sebagai asset Barang Milik Daerah. Perbaikan, pemeliharaan, pengoperasian serta perawatan juga dilakukan dengan biaya dari APBD pemerintah provinsi/kabupaten/kota. (RRP)