Peresmian TPA Sampah Kabupaten Poso Harapan Di Sektor Sanitasi Yang Telah Lama Dinanti Kabupaten Poso

Kebutuhan akan sarana dan prasarana pengolahan sampah tahap akhir atau yang biasa disebut dengan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah menjadi barang wajib yang mau tidak mau harus dimiliki oleh setiap Kabupaten atau Kota. Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dimana telah diamanatkan bahwa setiap Kabupaten atau Kota wajib memiliki TPA Sampah dengan sistem lahan urug terkendali (controlled landfill) ataupun dengan sistem lahan urug saniter (sanitary landfill). Apalagi keberadaan TPA Sampah saat ini sangatlah dibutuhkan sebagai proses akhir dalam tahapan pengelolaan sampah dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, kualitas lingkungan serta dapat pula menjadi sumber daya seperti yang tercantum dalam UU Nomor 18 Tahun 2018. Ditambah lagi penilaian untuk menjadi Kota Adipura yang merupakan gelar bergengsi ditingkat nasional yang menjadi keberadaan TPA Sampah menjadi poin tertinggi dalam penilaian ini sehingga banyak Kabupaten/Kota semakin gencar untuk segera memiliki TPA Sampah.

Atas dasar hal inilah Pemerintah Kabupaten Poso bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah beserta Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah telah berjuang sejak tahun 2013 untuk dapat mewujudkan terbangunannya TPA Sampah ini di Kabupaten Poso. Akhirnya kemarin pada tanggal 5 Februari 2018, Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. berkenan hadir dan sekaligus meresmikan TPA Sampah Kabupaten Poso dengan didampingi oleh Bapak Bupati Poso. Pada peresmian ini turut hadir pula Anggota DPRD Kabupaten Poso, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Staf Khusus Percepatan Pembangunan Sulawesi Tengah dan Poso, pejabat OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Poso, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah, Rektor Universitas Sintuwu Maroso, Tokoh Lintas Agama, Pimpinan BUMN/BUMD di Sulawesi Tengah dan Poso, serta undangan lainnya.

TPA Sampah Kabupaten Poso dibangun dengan dana APBN Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2017 melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah, dengan pelaksanaan pekerjaan 270 hari kalender dan akan dilanjutkan dengan masa pemeliharaan pekerjaan selama 360 hari kalender oleh pihak pelaksana pekerjaan. Adapun sarana yang dibangun pada TPA Sampah Kabupaten Poso yaitu : zona landfill seluas 0,66 hektar sebagai tempat untuk melakukan penimbunan sampah yang harus sesua dengan SOP dan kaidah teknis, yang telah dilengkapi pula dengan lapisan geomembran, lapisan geotekstil, batu gravel serta instalasi pipa gas; kemudian TPA Sampah Kabupaten Poso juga telah dilengkapi dengan Instalasi Pengolahan Lindi/Leachate (IPL) yang terdiri dari kolam anaerobik, kolam fakultatif, kolam maturasi/aerob, dan kolam wetland, dimana kolam IPL ini akan menjadi instalasi yang mengolah air sampah yang dialirkan dari zona landfill sebelum aman (sesuai baku mutu) untuk dibuang ke badan air; selain itu telah dibangun pula sarana lain untuk mendukung operasional TPA yaitu jalan operasional dan saluran drainase.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak Caco Laratu, ST., M.Si menyampaikan bahwa Pembangunan TPA Sampah Kabupaten Poso merupakan tindakan nyata Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dalam pembangunan khususnya untuk sektor sanitasi di Provinsi Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Poso. Harapannya TPA Sampah ini dapat dioperasionalkan sesuai dengan SOP dan kaidah teknis sehingga dampak negatif terhadap Lingkungan dapat di tekan semaksimal mungkin serta peningkatan pelayanan persampahan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Poso sehingga dapat mengatasi masalah persampahan khususnya di Kota Poso.

Untuk mendukung kegiatan operasional TPA Sampah ini dalam sambutannya Bapak Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Poso pada Tahun Anggaran 2018 ini akan melakukan peningkatan jalan akses ke TPA sepanjang 650 meter beserta 2 (dua) buah jembatan konvensional. Dengan adanya TPA Sampah ini Bapak Bupati menyampaikan rasa syukur serta ucapan rasa terima kasih kepada Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, sehingga pembangunan TPA Sampah ini dapat terselesaikan dengan baik sehingga dapat mewujudkan impian masyarakat Kota Poso sebagai Kota Adipura di tahun 2018. Untuk itu Bapak Bupati Poso kembali menyatakan tekadnya bahwa dlm menyahuti perhatian Pemerintah Pusat dan Provinsi itu, Pemda dan masyarakat Poso merespon dan mengimbanginya dengan kerja keras dan kerja cerdas yang dibarengi semangat pantang menyerah, tanpa kenal lelah dan waktu, guna mewujudkan Poso menjadi kota yg Ceriah, Elok, Ramah, Damai, Adil dan Sejahtera (CERDAS).

Pada sambutannya Bapak Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa TPA Sampah adalah infrastruktur yang akan menunjang kegiatan operasional pengelolaan sampah yang juga sebagai mata rantai terakhir dari pengelolaan sampah di perkotaan, sebagai sarana menimbun, mengolah, dan mengurai sampah menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan kembali. Pada kesempatan yg sama, Bapak Gubernur juga mengharapkan agar kehadiran TPA Sampah Kabupaten Poso mampu menjadi solusi dalam mengurangi tumpukan sampah guna menolong lingkungan agar tetap bersih, indah, nyaman dan sehat, sehingga TPA Sampah selain berfungsi mengatasi dampak sampah, terhadap tanah, air, udara, dan manusia, diharapkan pula seluruh sampah yg ada di TPA Sampah dapat disentuh dengan pendekatan teknologi yg tepat. Untuk itu Bapak Gubernur mengajak seluruh warga masyarakat untuk turut peduli dan proaktif menyikapi permasalahan sampah di Poso.

Peresmian TPA Sampah Kabupaten Poso ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bapak Gubernur Sulawesi Tengah, setelah itu dilakukan juga penandatanganan Berita Acara Serah terima pengelolaan TPA Sampah antara Bapak Bupati Poso dengan Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah dengan disaksikan oleh Bapak Gubernur Sulawesi Tengah, dan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen as built drawing TPA Sampah dan Buku Saku SOP TPA Sampah serta penyerahan secara simbolis alat berat untuk operasional TPA Sampah berupa 1 (satu) unit excavator yang merupakan bantuan dari Kementerian PUPR. (Guntur Irawan/PSPLP Sulteng, guntur.irawan@pu.go.id / xgunturx@yahoo.com)