BUPATI KABUPATEN LOMBOK TENGAH RESMIKAN TPS 3R MIDANG

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si melalui Satker PSPLP Provinsi NTB resmikan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R pada Selasa, 5 Desember 2017 yang bertempat di desa Midang Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Hal ini merupakan hari yang membawa angin segar bagi warga dan Pemerintah Daerah karena TPS 3R merupakan salah satu solusi yang dihadirkan pemerintah bersama pengurus KSM BERKARYA bagi 8000 warga desanya mengenai permasalahan persampahan. Dalam sambutannya, Bupati Lombok Tengah mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga dapat berdirinya TPS 3R desa Midang.

Dalam laporan Ketua KSM BERKARYA yang disampaikan oleh Hamdi Rahman menyatakan bahwa, “TPS 3R merupakan bantuan pemerintah pusat yang menuntut pertanggungjawaban moral dan sosial. Memerlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak baik Instansi pemerintahan hingga masyarakat. Baik dari segi pelatihan maupun pengelolaannya agar hasilnya sesuai dengan harapan”.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Desa Midang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat dan Kepala Satker PSPLP Provinsi NTB Sugeng Slamet, ST berlangsung lancar dengan dihadiri pula oleh tokoh masyarakat, tokoh ulama dan warga desa Midang.

Harapan semua pihak agar TPS 3R Desa Midang mampu menjadi solusi permasalahan persampahan dengan konsep 3R, menjadi ajang edukasi pengolahan sampah organik menjadi kompos dan anorganik untuk dapat dimanfaatkan kembali. Diharapkan pula TPS 3R mampu menjadi ajang untuk dapat kerja bersama antar masyarakat, perangkat desa, pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya sehingga dapat merubah sampah menjadi berkah. (Errin/PSPLPNTB)