Foto : Foto Suasana Kegiatan Penyusunan Pedoman Perencanaan Teknis Terinci SPALD-T


Kegiatan Penyusunan Pedoman Perencanaan Teknis Terinci SPALD-T

Di dalam menjawab kebutuhan akan pedoman bidang penyehatan lingkungan permukiman, di tahun 2017 ini, Direktorat Pengembangan PLP melalui subdit Standardisasi dan Kelembagaan, melaksanakan kegiatan Penyusunan Pedoman Perencanaan Teknis Terinci SPALD-T. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan pedoman penyusunan perencanaan teknis terinci Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik  Terpusat (SPALD-T) yang nantinya dapat memberikan pemahaman yang sama dan memberikan acuan bagi para pemangku kepentingan di daerah (provinsi maupun kota/kabupaten) dalam menyusun perencanaan teknis terinci SPALD-T.

Guna menjaring masukan untuk memperkaya isi pedoman ini, selain dilakukan diskusi internal di lingkungan Direktorat PPLP, juga dilakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Sejauh ini sudah dilakukan 2 (dua) kali kegiatan FGD dengan mengundang narasumber yang berasal dari praktisi dan akademisi yang kompeten di bidang air limbah domestik.

Keluaran dari kegiatan ini adalah draft buku pedoman yang terdiri dari buku utama dan buku pendukung. Adapun buku pendukung terdiri dari beberapa buku yang berisikan detail perencanaan SPALD Terpusat diantaranya Perencanaan Sub Sistem Pelayanan, Perencanaan Sub Sistem Pengumpul, Perencanaan Sub Sistem Pengolahan, Perencanaan Struktur dan Geoteknik, Perencanaan Mekanikal Elektrikal, dan Perencanaan Rencana Anggaran Biaya. Buku-buku tersebut diharapkan dapat secara komprehensif menjadi pedoman bagi setiap perencana di Indonesia dalam merencanakan SPALD Terpusat.

Di akhir kegiatan ini akan dilaksanakan workshop yang nantinya akan mengundang praktisi, akademisi, serta para pemangku kepentingan daerah. Diharapkan, melalui kegiatan ini nantinya buku pedoman yang disusun dapat terinformasikan dengan baik dan menjadi acuan bagi seluruh stakeholder dalam merencanakan infrastruktur SPALD Terpusat.  (GPR/SK, Theresia/PT. JRM)

Print Berita