PERAN AKTIF SANIMAS DAN TPS 3R DALAM PAMERAN HABITAT III

Di tahun 2016 ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi Tuan Rumah penyelanggaraan acara besar UN yaitu perayaan Habitat yang ke-3, PrepCom 3 yang diadakan di Suarabaya, 25-27 Juli 2016.

Acara kali ini hadir delegasi dari anggota UN Habitat, delegasi PBB dari 160 negara, seluruh kementerian yang bekerjasama dengan UN, dan yang lebih terutama, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjadi Penyelenggara dalam acara tersebut.

Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat, yang dalam hal ini merupakan peserta pameran dari Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Cipta Karya, menayangkan kedua Program Berbasis Masyarakat, yaitu SANIMAS dan TPS 3R. SANIMAS dan TPS 3R diangkat karena program tersebut baik dalam memperlihatkan perbaikan sanitasi di lingkungan Indonesia, dengan membawa peran serta masyarakat dalam prencanaan, pembangungan, hingga pemeliharaan. Pada pameran kali ini, Sanitasi Berbasis Masyarakat mendapat sorotan tersendiri pada pengunjung pameran yang berasal dari Asia. Pada hari pertama, Delegasi dari India, Malaysia, China, Jepang, dan Korea sangat tertarik dengan Program Pembangunan yang melibatkan masyarakat. Dinilai akan lebih tepat dalam proses pembangunan, disini juga masyarakat akan terbangun sikap ikut andil dalam pemeliharaan kedepannya, sehingga pemerintah dan masyarakat nantinya akan berjalan sinergis.

SANIMAS merupakan program untuk menyediakan prasarana air limbah masyarakat di daerah padat perkotaan. Sanitasi bertujuan untuk mengurangi berbagai faktor yang mengganggu kesehatan, sehingga masyarakat dapat memperoleh kehidupan yang bersih dengan adanya hal tersebut. Sehingga dinilai akan sesuai dengan masyarakat Asia yang lebih bersatu dalam hal bermasyarakat. (TimPubPLPBM)