Jambi Menuju 100% Akses Melalui TFL Andal

Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  pada tanggal 29 Mei – 05 Juni 2016, mengadakan Penguatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R (reduce, reuse, recycle) Wilayah Barat, di Hotel Aston, Jambi.

Acara ini bertujuan untuk melaksanakan pengurangan sampah melalui program percontohan 3R sampah di berbagai provinsi. Pilot project 3R sampah yang dikembangkan adalah berdasarkan konsep penanganan sampah berbasis masyarakat, dimana masyarakat mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan program persampahan. sehingga kelancaran pelaksanaan pengembangan prasarana 3R sangat tergantung dari kesiapan dan keterlibatan aktif masyarakat. Maka dalam rangka mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunan fasilitas 3R, kegiatannya harus melibatkan peran para fasilitator lapangan yaitu fasilitator pemberdayaan dan fasilitator teknik. untuk melatih para tenaga Fasiltator Lapangan 3R, dengan harapan setelah selesai dari mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat bekerja mensukseskan kegiatan percontohan di daerah masing-masing, terutama  mengajak masyarakat untuk ikut melakukan proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan penerapan konsep 3R sampah secara bersama-sama. 

Pada sambutan yang dibawakan oleh Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, yag diwakili Kepala Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Permukiman Berbasis Masyarakat, Bapak Dardjat Widjunarso, mengatakan “Acara penguatan kapasitas TFL (Tenaga Fasilitator Lapangan)  yang diadakan di Jambi ini bukan hanya untuk memberikan pembekalan berupa teori-teori terutama yang berhubungan dengan proses pemberdayaan kepada masyarakat, tetapi para fasilitator juga diajak untuk dapat melihat TPS 3R yang sudah berlangsung baik. Selain itu para calon fasilitator juga akan terjun langsung untuk melakukan simulasi proses pemberdayaan di beberapa TPS 3R yang ada di Kota Jambi”, sehingga misi terbesar dalam acara ini adalah untuk menciptakan tenaga fasilitator yang dapat menggerakan masyarakat untuk pembangunan fasilitas 3R yang lebih baik.

Pada acara kali ini turut mengundang, para praktisi dan narasumber yang bergelut di bidang persampahan, dan para Tenaga Fasilitator Lingkungan wilayah barat. (AdSR/TimPub.PLPBM)