Foto : Foto Suasana Kegiatan Kampanye Dan Edukasi Duta Sanitasi


Sumbar Kejar Universal Akses Sanitasi Melalui Duta Sanitasi

Permasalahan sanitasi merupakan masalah yang dihadapi hampir di seluruh kota di indonesia. buruknya kondisi sanitasi sangat berpengaruh kepada tingkat kesehatan dan taraf hidup masyarakat. untuk itu, pemerintah melalui kebijakan pencapaian akses universal sanitasi layak pada tahun 2015-2019 berupaya meningkatkan kesadaran pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan akses sanitasi masyarakat salah satu strategi dengan melakukan kegiatan kampanye dan edukasi bidang sanitasi. hal ini penting dilakukan mengingat masih kurangnya dukungan dan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan prasarana dan sarana bidang sanitasi meliputi persampahan, limbah, dan drainase. melalui kampanye dan edukasi bidang sanitasi secara berkesinambungan diharapkan sanitasi layak menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat.

Kampanye dan edukasi bidang sanitasi ini telah dilakukan sejak tahun 2008, salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pemilihan duta sanitasi di masing-masing provinsi. para siswa yang memiliki bakat dan kreatifitas dapat menuangkan ide-ide sanitasi dalam bentuk poster dan karya tulis. peserta juga akan mengikuti kegiatan pembekalan oleh narasumber dimana akan menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sanitasi layak. nantinya dengan terpilihnya duta-duta sanitasi diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan kampanye dan edukasi sanitasi.

Dipilihnya siswa sltp kelas 7 atau 8 pada tahun 2016 menjadi kelompok sasaran kegiatan ini dikarenakan siswa sltp merupakan salah satu segmen masyarakat yang terkena dampak dari sanitasi yang buruk, serta merupakan kelompok masyarakat yang memiliki potensi sebagai agen perubahan. diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, siswa sltp tersebut dapat menjadi agen perubahan dalam masalah sanitasi melalui perubahan perilaku menjadi budaya peduli sanitasi kemudian menjadikannya sebagai bagian gaya hidup masyarakat.

Melalui kegiatan ini, Sumatera Barat berupaya melakukan percepatan pencapaian pelayanan sanitasi terhadap masyarakat yang bermukim di wilayah padat dan kumuh. untuk mencapai sasaran dan target, diperlukan peningkatan kepedulian dan komitmen pemerintah dan pemerintah daerah akan sanitasi. Pemilihan duta sanitasi melalui lomba poster dan karya tulis bagi siswa sltp ini pada dasarnya merupakan metode ekspresi anak terhadap sanitasi. untuk membantu anak-anak dalam memahami sanitasi perlu kiranya disiapkan materi-materi tentang permasalahan sanitasi dari daerah melalui media yang mudah dipahami dan menarik bagi anak sehingga nantinya mereka akan mempunyai wawasan tentang sanitasi ang baik sebagai duta sanitasi. (AdSR/Dit.PPLP)

Print Berita